Selamat, Gubernur Lampung Terima Penghargaan Bidang Pertanian 2021 di Istana Wapres

lampung.rilis.id | Nasional | Published at 13/09/2021 11:35
Selamat, Gubernur Lampung Terima Penghargaan Bidang Pertanian 2021 di Istana Wapres

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin memberikan penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021 kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Istana Wapres RI, Jakarta, Senin (13/9/2021).

Lampung menempati peringkat satu sebagai provinsi dengan peningkatan produksi padi tertinggi tahun 2019-2020. Diikuti Jawa Timur, Banten, Sumatera Selatan, dan Jambi.

Wapres KH Ma'ruf Amin mengucapkan selamat kepada provinsi dan kabupaten yang menerima penghargaan bidang pertanian tahun ini.

"Penghargaan ini diberikan khusus kepada kepala daerah yang telah menciptakan terobosan dan inovasi serta berhasil secara nyata mendorong daerahnya dalam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan pertanian nasional," kata Wapres dalam siaran langsung di YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, Senin (13/9).

Wapres mengibaratkan sektor pertanian sebagai tulang punggung perekonomian nasional sehingga partisipasi aktif kepala daerah adalah kalsium yang menjadi nutrisi penting dalam menjaga tulang punggung agar tetap sehat dan kuat.

"Saya mengharapkan penganugerahan penghargaan bidang pertanian tahun 2021 ini dapat menjadi penyemangat para kepala daerah dan unsur-unsur pemerintah daerah lainnya," tuturnya.

Menurut Wapres, tanpa komitmen, pemikiran kreatif dan kerja keras kepala daerah, maka roda perekonomian di daerah tersebut tidak akan bisa berputar cepat dan memberikan hasil yang membanggakan.

"Selamat kepada gubernur, bupati yang daerahnya terpilih untuk mendapatkan penghargaan bidang pertanian tahun 2021. Anda telah bekerja keras dan menginspirasi kepala daerah lain, untuk juga bekerja keras berpacu meningkatkan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani," ucap Wapres.

Sebagai informasi, sektor pertanian di Lampung tumbuh positif di tengah pandemi Covid-19. Capaian produksi padi pada tahun lalu mencapai 2,65 juta ton gabah kering giling (GKG) atau meningkat 22,47 persen dari produksi padi tahun 2019.

Atas prestasi itu, Kementerian Pertanian (Kementan) RI memberikan penghargaan kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Penghargaan itu tertuang dalam petikan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia No:465/Kpts/KP.590/M/08/2021 tentang Pemberian Penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021.

Adapun penerima penghargaan Bidang Pertanian 2021 kategori provinsi dengan peningkatan produksi padi tertinggi tahun 2019-2020 sebagai berikut:

Peringkat I: Provinsi Lampung

Peringkat II: Provinsi Jawa Timur

Peringkat III: Provinsi Banten

Peringkat IV: Provinsi Sumatera Selatan

Peringkat V: Provinsi Jambi

(*)

Artikel Asli