Begini Cara Mengatasi Kulit Kusam beserta Penyebabnya!

lombokpost | Nasional | Published at 13/09/2021 11:04
Begini Cara Mengatasi Kulit Kusam beserta Penyebabnya!

Memiliki wajah kusam tentu sangat mengganggu penampilan dan membuat Anda menjadi tidak percaya diri. Bagaimana tidak, wajah yang kusam akan membuat kulit lebih kering, tidak bercahaya dan terlihat lebih tua. Belum lagi wajah akan tampak lelah dan terlihat tidak bersemangat.

Jika ciri-ciri di atas sedang Anda alami, jangan khawatir atau merasa insecure lagi. Banyak cara untuk mengatasi kulit kusam yang bisa Anda lakukan, baik secara alami maupun dengan melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan.

Mengatasi Kulit Kusam beserta Penyebabnya

Penyebab kulit kusam bisa terjadi karena berbagai hal. Misalnya seperti suhu udara yang dingin, perubahan hormon, produk perawatan kulit yang tidak tepat, sering terpapar sinar matahari dan masih banyak lagi.

Namun masalah-masalah seperti tersebut tetap bisa diatasi. Anda bisa menerapkan cara mengatasi kulit kusam seperti di bawah ini.

  1. Melakukan Eksfoliasi setiap 2 3 Kali Seminggu

Secara alami, sel kulit mati akan mengelupas dan melakukan regenerasi sel baru setiap 28 hari. Namun terkadang sel kulit mati tidak dapat sepenuhnya mengelupas, sehingga mengakibatkan kulit kasar, kering, bersisik, menyumbat pori dan membuat kulit tampak kusam.

Lakukan eksfoliasi secara teratur 2 3 kali seminggu. Eksfoliasi berfungsi menyingkirkan sel kulit mati dan memunculkan lapisan sel kulit yang baru. Eksfoliasi juga berguna untuk membersihkan kotoran yang tersumbat pada pori-pori, mencegah jerawat, meratakan belang pada kulit, meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi minyak berlebih. Salah satu rekomendasi produk yang bisa Anda gunakan yaitu Wardah White Secret Exfoliating Scrub . Harganya cukup terjangkau, yaitu tidak lebih dari 50 ribu rupiah saja dan Anda sudah bisa merasakan manfaatnya yang luar biasa.

  1. Tidak Malas Menggunakan Pelembab Wajah

Sebelum mengaplikasikan atau menggunakan pelembab wajah, sebaiknya kondisi wajah Anda harus dalam kondisi yang bersih terlebih dulu. Setelah itu, Anda bisa menambahkan moisturizer atau pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pastikan memilih pelembab yang memiliki kandungan SPF serta non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori.

Untuk pelembab yang bisa mengatasi kulit wajah kusam, Anda sangat disarankan untuk menggunakan produk Wardah . Tepatnya, Anda bisa menggunakan Wardah Lightening Day Cream . Krim pagi dari produk Wardah tersebut memiliki kandungan ekstrak licorice , vitamin E dan B3, serta allantoin yang mampu menutrisi kulit wajah. Dengan menggunakan produk tersebut, sel-sel kulit mati Anda akan terangkat dan membentuk sel-sel kulit baru. Alhasil, setelahnya kulit wajah Anda akan tampak lebih cerah dan terhindar dari kusam.

Produk Wardah ini bisa Anda beli di Blibli, tentunya dengan jaminan kualitas dan harga sangat bersahabat.

  1. Memilih Skin care yang Cocok

Meski skin care dibutuhkan kulit, namun jika Anda salah memilih malah menjadi bumerang bagi Anda sendiri. Karena itu, Anda harus riset dan mencari tahu skin care mana yang cocok untuk kebutuhan kulit Anda. Perlu Anda perhatikan, jangan memilih skin care karena trend atau ikut-ikutan.

Selain itu, juga dibutuhkan konsistensi dalam penggunaan skin care. Artinya, Anda harus rutin menggunakan skin care setiap hari. Usahakan Anda memiliki rangkaian skin care basic , seperti pembersih, toner , dan juga sunscreen .

  1. Wajib Membersihkan Wajah

Apakah masih ada yang malas membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian? Apalagi, jika wajahnya sehabis menggunakan make up yang cukup tebal. Mungkin membersihkan wajah menjadi hal yang sering disepelekan. Namun nyatanya, enggan membersihkan wajah memberikan kontribusi besar sebagai penyebab kulit kusam. Tumpukan debu dan make up yang menempel bisa menyebabkan minyak dan kotoran sehingga memicu munculnya bakteri, jerawat dan komedo, merusak kesehatan bibir, dan menghambat regenerasi kulit. Gunakan rangkaian pembersih wajah dari Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water , Wardah Eyexpert Eye serta Wardah Lip Make Up Remover untuk mengatasi kulit wajah kusam.

  1. Mengoleskan Sunscreen saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Bisa dikatakan sinar matahari dan polusi menjadi penyebab utama kulit kering dan kusam. Meski sinar matahari dibutuhkan tubuh sebagai vitamin D alami, namun jika terkena paparan sinar matahari secara langsung tanpa sunscreen dapat menyebabkan kulit iritasi dan membuat kulit menjadi kering.

Tips mengatasi kulit agar tidak kusam selanjutnya adalah dengan menggunakan sunscreen yang memiliki Kandungan SPF, sehingga mampu melindungi kulit dari sinar UV berbahaya. Oleskan SPF minimal 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan . Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu mengoleskan sunscreen setiap beberapa jam.

  1. Memakai Masker Wajah

Meski cukup mudah dilakukan, masih banyak perempuan yang jarang memakai masker wajah. Padahal masker memiliki banyak manfaat, yakni menutrisi kulit, melembabkan, serta membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga bisa menghilangkan masalah kulit kusam.

Banyak pilihan masker yang bisa Anda aplikasikan pada kulit wajah. Anda bisa menggunakan masker yang terbuat dari bahan-bahan alami, atau Anda juga bisa menggunakan masker instan yang dapat digunakan secara langsung.

Untuk menggunakan masker, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau bisa juga di salon kecantikan. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, lakukan minimal satu hingga dua kali seminggu.

  1. Cukup Tidur dan Hindari Stres

Secara keseluruhan kurang tidur dan stres tidak hanya berdampak buruk bagi kulit, tapi juga kesehatan tubuh. Kurang tidur atau kebiasaan begadang membuat lingkaran hitam di bawah mata atau biasa disebut mata panda. Selain itu, kurang tidur bisa membuat kulit juga menjadi kendur dan tampak tidak bercahaya. Hal tersebut bisa terjadi karena saat tidur tubuh membentuk kolagen dan keratin yang dapat berguna untuk mengencangkan dan menyehatkan kulit.

Sementara, stres berpotensi membuat kulit ikut menjadi stres. Hal tersebut mengakibatkan kulit menjadi kusam dan memicu terjadinya penuaan dini. Untuk itu, Anda perlu untuk mengelola waktu tidur yang berkualitas dan memanajemen stres.

Kulit kusam memang menjadi masalah banyak orang. Namun, bukan berarti kulit kusam tidak dapat dihindari. Di atas telah dipaparkan 7 cara mengatasi kulit kusam beserta penyebabnya. Selalu gunakan rangkaian produk kecantikan Wardah untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat setiap saat.

Wardah merupakan brand kosmetik lokal yang paling populer di Indonesia. Tidak hanya menggunakan bahan-bahan alami dan aman bagi kulit, Wardah juga memberikan jaminan 100% halal. Beberapa produk Wardah yang bisa Anda temukan di Blibli, seperti lip cream , intense matte lipstick , eyeshadow , lightening series , BB cream dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, ketika Anda belanja produk Wardah di Blibli bisa mendapatkan produk secara cepat dan aman, serta anti ribet. Bila ada kendala, Blibli juga menyediakan layanan customer service 24 jam. Berbelanja hemat dan menyenangkan untuk semua kebutuhan sehari-hari hanya di Blibli.

Artikel Asli