MUI Kabupaten Bogor Rumuskan Pembelajaran Selama Pandemi

republika | Nasional | Published at 13/09/2021 10:55
MUI Kabupaten Bogor Rumuskan Pembelajaran Selama Pandemi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat turut merancang strategi pembelajaran yang efektif di masa pandemi Covid-19."Pendidikan tidak boleh terputus bagaimana pun caranya, termasuk di masa pandemi ini. Pendidikan harus terus berinovasi mengikuti perjalanan zaman," ungkap Ketua MUI Kabupaten Bogor, KH Ahmad Mukri Aji dalam webinar bertajuk "Strategi dan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19" di Cibinong, Bogor,Ahad (12/9).

Ia menyebutkan bahwa pendidikan merupakan fundamental setiap anak, sehingga tak ada alasan untuk tidak melakukan pendidikan demi melahirkan generasi penerus bangsa.Menurutnya, sistem pendidikan di masa pandemi berubah drastis dari pembelajaran tatap muka menjadi daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang banyak dianggap kurang efektif dalam pelaksanaannya.

"Namun, ini tugas kita untuk menyiasati bagaimana pendidikan bisa berjalan di masa pandemi ini," kata KH Mukri.

Sementara itu, Ketua Bidang Pendidikan MUI Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar alias Gus Udin menyebutkan bahwa pendidikan di masa pandemi dinilai masih berat untuk dilakukan di Indonesia, terutama di Kabupaten Bogor.

Pasalnya, kualitas pendidikan di Kabupaten Bogor terbilang masih belum merata baik dari fasilitas infrastrukturnya maupun sumber daya manusia atau pengajarnya.

"Hal ini dikarenakan fasilitas penunjang yang belum lengkap serta kuantitas dan kualitas tenaga pengajar yang masih terbatas. Kondisi ini diperparah oleh pandemi COVID-19 melanda Indonesia. Sebagai imbasnya, mutu pendidikan di Kabupaten Bogor semakin menurun sehingga sangat dibutuhkan strategi, inovasi, dan akselerasi pendidikan," kata Gus Udin.

Artikel Asli