Sempat Dihajar Pandemi, Pasar PC di Indonesia Dilaporkan Membaik

jawapos | Nasional | Published at 13/09/2021 10:31
Sempat Dihajar Pandemi, Pasar PC di Indonesia Dilaporkan Membaik

JawaPos.com Sempat terpuruk akibat dihajar pandemi Covid-19 yang sudah melanda dunia hampir dua tahun ini, pasar perangkat PC dikabarkan mulai menunjukan gejala pemulihan. Berdasarkan data terbaru dari IDC, pasar PC (desktop, notebook, workstation) Indonesia dilaporkan bertumbuh sebesar 50 persen Year on Year (YoY) di semester satu 2021 dengan total 2,06 juta unit yang masuk di Indonesia pada enam bulan pertama di tahun 2021.

Notebook tetap menjadi produk pendorong akan pertumbuhan pasar PC untuk segmen konsumer dan komersial dengan pangsa pasar sebesar 85 persen dari keseluruhan PC dengan pertumbuhan tahunan yang mengesankan sebesar 78 persen di semester satu 2021.

Seperti sudah disinggung di atas, pengiriman PC sangat rendah di periode tersebut semester pertama 2020 dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Meskipun pasar PC diperkirakan akan melambat, jumlah permintaan ternyata lebih tinggi dan hal ini mengejutkan para pemain PC.

Selain itu, adanya gangguan terhadap logistik serta penutupan pabrik di Tiongkok menyebabkan sedikitnya pengiriman PC yang masuk ke Indonesia pada awal 2020.

Keseluruhan pasokan barang di semester satu 2021 sudah menunjukan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan tahun lalu, tetapi masalah pasokan masih terus ada sehingga vendor PC tidak dapat memenuhi semua permintaan yang datang dari segmen konsumer dan komersial.

Saat ini vendor PC dikatakan susah untuk memperkirakan jumlah dan tanggal kedatangan barang dikarenakan pengiriman sedang tidak konsisten yang menyebabkan beberapa pesanan datang pada akhir kuartal dan mengakibatkan barang terbawa ke kuartal berikutnya.

Dengan penyebaran virus yang masih diluar kendali, cara kerja yang menggabungkan antara bekerja dari rumah dan dari kantor akan terus diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia dan hal ini akan mendorong tingginya permintaan terhadap perangkat portabel, ungkap Senior Market Analyst IDC Indonesia Stallone Hangewa melalui laporan resminya.

Dia melanjutkan, di sektor publik, sebagian besar permintaan terhadap PC datang dari perangkat Chromebook yang akan digunakan untuk pengadaan komputer dibidang pendidikan mengikuti keputusan pemerintah untuk mengalihkan pembelian komputer ke perangkat yang menggunakan Chrome OS sebagai sistem operasinya.

Pengiriman desktop dan notebook untuk pasar konsumer kembali bertumbuh masing-masing sebesar 22 persen dan 28 persen selama semester satu 2021, sambung Stallone.

Sementara itu, dikarenakan sekolah masih terus menerapkan pembelajaran jarak jauh, notebook masih menjadi perangkat pilihan dikarenakan penggunaan webcam sangat esensial selama proses belajar-mengajar.

Artikel Asli