Pernyataan Lengkap Penalti untuk Max Verstappen di GP Italia

jawapos | Nasional | Published at 13/09/2021 10:17
Pernyataan Lengkap Penalti untuk Max Verstappen di GP Italia

JawaPos.com Pengawas balapan atau steward akhirnya mengambil keputusan atas insiden tabrakan yang terjadi antara Lewis Hamilton (Mercedes) dan Max Verstappen (Red Bull) di GP Italia tadi malam.

Steward memutuskan bahwa Verstappen bersalah dan dijatuhi penalti turun tiga posisi saat start pada GP Rusia akhir pekan ini.

Dua pembalap yang sedang bertarung di puncak klasemen itu terpaksa out dari balapan GP Italia dan gagal meraih poin akibat insiden tersebut.

Peristiwa itu terjadi pada lap ke-26 saat keduanya berebut posisi 7 di tikungan Variante del Rettifilo.

Hamilton yang baru saja melakukan pit stop pertama keluar dari pitlane tepat di depan Verstappen.

Pada tikungan pertama kedua pembalap saling menempel dan berebut posisi.

Verstappen yang mengambil sisi luar tikungan berharap bisa mencuri posisi dari sisi dalam di tikungan berikutnya.

Namun, Hamilton yang tak ingin kehilangan posisi mencoba menutup jalur balap Verstappen.

Verstappen yang tetap ngotot ingin menyalip melindas kerb tinggi di sisi kiri trek dan mobilnya terpental.

Di situlah mobilnya menghajar mobil Hamilton.

Insiden tabrakan tak bisa dihindarkan. Itu akibatnya kalau kau tidak memberikan ruang yang cukup, begitu ucap Verstappen melalui radio.

Dengan keduanya terdampar di gravel di tikungan 1, Safety Car otomatis masuk.

Kala Versttappen bersikukuh tidak bersalah atas insiden tersebut, steward punya pendapat lain.

Mobil nomor 44 (Hamilton) keluar dari pit. Mobil 33 (Verstappen) sedang berada di trek lurus utama. Sekitar 50 meter sebelum tikungan 1, mobil 44 sudah berada di depan mobil 33 dengan jarak signifikan, tulis pernyataan resmi.

Mobil 33 kemudian mengerem terlambat dan mulai bergerak mendekati dengan mobil 44. Meski demikian posisi mobil 33 tetap tidak bisa mendahului. Ia hanya berada di belakang roda depan mobil 44, lanjutnya.

Dalam forum dengar pendapat, pembalap mobil 33 menyebut, penyebab insiden itu karena pembalap 44 melebarkan setirnya di tikungan 1 dan menyenggolnya di apex tikungan 2, terusnya.

Sedangkan pembalap 44 berpendapat pembalap 33 berupaaya menyalip namun momennya sudah terlambat. Semestinya, pembalap 33 memberikan ruang di tikungan itu setelah tahu tidak ada ruang lagi di sana,

Dia bisa mengerem sebelum tikungan atau membuang ke kiri setinya di titik sebelum kerb, tandasnya.

Steward meneliti rekaman CCTV yang menunjukkan bahwa mobil 44 memang melaju di jalur yang membuat mobil 33 mengarah ke kerb. Meski begitu, steward melihat mobil 33 sama sekali tidak sejajar dengan mobil 44, hingga pada jalur masuk menuju tikungan 1,

Meski mobil 44 bisa mengarahkan mobilnya menjauh dari kerb untuk menghindari insiden, steward meyakini posisinya bisa dimaklumi dan karena itu menyatakan bahwa pembalap mobil 33 salah dalam insiden ini,

Selain penalti turun tiga posisi pada start GP Sochi, Verstappen juga dijatuhi dua poin penalti pada super license miliknya.

Itu adalah poin penalti pertama yang diterimanya dalam 12 bulan terakhir.

Artikel Asli