Hadiri Pelantikan Pengurus IDI Barru, Bupati: Kita Tak Boleh Lengah, Pandemi Belum Selesai

bukamatanews | Nasional | Published at 13/09/2021 09:35
Hadiri Pelantikan Pengurus IDI Barru, Bupati: Kita Tak Boleh Lengah, Pandemi Belum Selesai

BARRU, BUKAMATA - Minggu, 12 September 2021. Di Baruga Singkerru Adae Rujab Bupati Barru, berlangsung pelantikan Pengurus Cabang Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Barru periode 2021-2024. Hadir Bupati Barru, H Suardi Saleh.

Dalam sambutannya, Suardi mengatakan, profesi dokter adalah pilihan. Oleh karena itu lanjut dia, seorang dokter yang menjalankan profesinya, harus bekerja profesional. Khususnya dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dia meminta kepada IDI untuk tidak takut memberi rekomendasi ke Pemerintah Daerah, jika ada hal-hal yang terkait pelayanan kesehatan. Ini sebut dia, guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Dia janji, Pemkab akan merespons positif.

Terkait pemenuhan hak-hak tenaga kesehatan yang berjuang di garis terdepan dalam memerangi Covid-19, bupati dua periode ini mengaku sudah menandatangani persetujuannya. Sehingga kata dia, sudah bisa dicairkan.

"Terkait dengan masalah insentif para tenaga kesehatan, segera disalurkan kepada yang berhak. Persetujuan pencairan sudah saya tanda tangani," ujarnya.

Pemerintah Daerah kata Suardi, tidak hanya memberi perhatian terhadap pelayanan pasien yang dirawat di RSUD, tapi juga memberi kemudahan terhadap keluarga pasien.

Pemda Barru lanjut dia, telah menyiapkan rumah singgah bagi keluarga pasien yang ada keluarganya dirawat. Sehingga, mereka tidak perlu lagi repot mencari tempat menginap.

"Pemda Barru menyiapkan rumah singgah di sekitar rumah sakit rujukan, baik di Barru maupun di Makassar," jelasnya.

Sebelum menutup sambutan, Suardi kembali mengingatkan perlunya terus mengedukasi masyarakat, untuk tetap menaati protokol kesehatan. Meski katanya kasus Covid-19 di Barru sudah melandai.

"Kita tidak boleh lengah. Pandemi belum selesai," tegasnya.

Sementara itu, Ketua PW IDI Sulsebar yang juga Kadis Kesehatan Provinsi Sulsel, dr Muh Ikhsan Mustari, usai melantik pengurus IDI Barru, memuji kinerja Bupati Barru, Suardi Saleh, dalam penanganan Covid-19. Termasuk serapan pelayanan vaksinasi yang menurut data, masuk lima besar tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara Ketua IDI Cabang Barru yang baru dilantik, dr Suryadi Nurdin, menyampaikan apresiasi atas pencapaian Pemerintah Daerah terkait keberhasilan Barru, dalam pencapaian Universal Health Coverage (UHC)JKN/Jaminan Kesehatan Nasional 98%.

"Ini bukti komitmen Pemerintah Daerah Barru, dalam pemenuhan hak-hak dasar warganya," puji dr Suryadi.

Acara tersebut juga dihadiri Anggota DPR RI yang juga Ketua TP PKK Barru, drg Hj Hasnah Syam, Kadis Kesehatan Barru, dr Amis Rifai, Direktur RSUD Barru, dr A Nikmawati, dan pimpinan organisasi profesi, IBI, juga PPNI.

Artikel Asli