Hujan Mulai Datang, Bupati Berkeliling Cek Rumah Pompa

jawapos | Nasional | Published at 13/09/2021 09:34
Hujan Mulai Datang, Bupati Berkeliling Cek Rumah Pompa

JawaPos.com Dua hari ini hujan mulai turun di Sidoarjo. Di beberapa titik, biasanya banjir menjadi momok masyarakat saat musim hujan. Pemkab Sidoarjo pun menyiapkan antisipasi. Mereka memastikan rumah pompa berfungsi dan siap menyedot genangan.

Titik-titik yang biasanya banjir di Sidoarjo pun sudah teridentifikasi. Karena itu, pemkab membangun rumah pompa di sana. Minggu (12/9), Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBMSDA) Sigit Setyawan berkeliling ke sejumlah rumah pompa.

Antara lain di Kali Karanggayam depan Kelenteng Sidoarjo, Kali Bluru Kidul di Perumahan Bumi Citra Fajar (BCF), serta Sungai Rangkah Kidul dan Jalan Jati di depan Lippo Plaza. Semua berfungsi dengan baik. Tidak ada yang rusak.

Seusai sidak, Gus Muhdlor, sapaan Ahmad Muhdlor Ali, meminta ada tambahan pompa di titik yang dia sidak. Misalnya pompa di depan Lippo Plaza. Kurang jika hanya satu. Butuh ditambah lagi. Tujuannya ialah mempercepat penyedotan genangan. Sebab, di Jalan Jati, tepatnya di bawah layang tol, kerap terjadi genangan saat hujan deras.

Jalan tersebut sempat diturunkan agar bagian atas truk besar tidak menyangkut ke jalan tol yang berada di atasnya. Dampaknya, saat hujan deras cukup lama, air di sana menggenang. Butuh ditambah satu pompa lagi karena akses utama menuju Sidoarjo Tengah dan Barat, ujar Muhdlor.

Lalu lintas di sana cukup padat. Tak jarang genangan air membuat kemacetan panjang. Penambahan itu akan mempercepat penyedotan biar tidak mengganggu arus lalu lintas, imbuhnya.

Selain perlu ditambah, ada titik yang butuh mesin pompa lebih besar. Misalnya di titik Sungai Rangkah. Titik itu butuh mesin lebih besar karena untuk menyedot aliran air kiriman dari barat. Volume air kiriman biasanya cukup besar. Jadi, butuh ditambah satu lagi atau butuh mesin yang lebih besar, tuturnya.

Selain memastikan pompa berfungsi, Pemkab Sidoarjo terus melakukan upaya normalisasi sungai. Semua dilakukan untuk mengantisipasi datangnya musim hujan tahun ini sehingga banjir bisa dicegah.

Artikel Asli