Kebun Binatang Surabaya Dibuka Lagi, tapi Tunggu Pengumuman Ini

jawapos | Nasional | Published at 13/09/2021 09:25
Kebun Binatang Surabaya Dibuka Lagi, tapi Tunggu Pengumuman Ini

JawaPos.com Kebun Binatang Surabaya dinilai Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, telah memenuhi syarat untuk kembali dibuka. Sesuai aturan, bila Surabaya dinyatakan PPKM level 2, tempat wisata itu bisa dibuka untuk umum. Namun, sampai kemarin Surabaya Raya masih PPKM level 3 sesuai instruksi Mendagri 39/2021.

Wakil Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto menyampaikan, asesmen KBS sudah dilakukan pekan lalu. Berbagai indikator untuk mengukur risiko penularan Covid-19 dinilai petugas. KBS sudah menyiapkan prokes dengan baik, kata Irvan kemarin.

Sa;aj satu BUMD pemkot itu menyiapkan layanan pembelian tiket secara online . Papan imbauan di setiap sudut juga dipasang agar pengunjung menerapkan 3M (menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun). Selain itu, KBS membatasi pengunjung agar tidak menimbulkan kerumunan massa. Kalau aturan sudah mengizinkan, boleh buka, papar Henry Simanjuntak, anggota Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya.

Batas waktu penerapan PPKM berakhir hari ini (13/9). Biasanya, pemerintah pusat akan kembali mengumumkan status baru PPKM setiap daerah dengan mengacu pada hasil evaluasi pada PPKM sebelumnya. Pekan ini Kota Pahlawan diprediksi berada pada PPKM level 2.

Dalam aturan PPKM level 2 disebutkan, fasilitas umum seperti taman kota dan tempat wisata umum diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 25 persen. Pembukaan tempat wisata menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi .

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan, pihaknya menyesuaikan kebijakan pemerintah pusat dalam membuka tempat wisata. Hingga kemarin disbudpar belum bisa memastikan kapan tempat wisata di Kota Pahlawan mulai dibuka untuk umum. Kita lihat besok (hari ini, Red) bagaimana hasil pengumuman PPKM, ujarnya.

Antiek mengimbau masyarakat untuk bersabar. Menunggu keputusan pemerintah. Tentu sambil terus disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab, hal itu sangat berkorelasi dengan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di suatu daerah. Mari kita semakin taat prokes. Cepat atau lambat tempat wisata akan kembali buka, imbuhnya.

Artikel Asli