Razia di Lokasi CFN, Polisi Beri Tilang untuk 639 Kendaraan

jawapos | Nasional | Published at 13/09/2021 09:29
Razia di Lokasi CFN, Polisi Beri Tilang untuk 639 Kendaraan

JawaPos.com Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menggelar razia pelanggaran protokol kesehatan (prokes), dan knalpot bising di wilayah crowd free night (CFN) atau malam bebas kendaraan pada 11-12 September 2021. Dirlantas Polda Metro Jaya, Konbes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, terdapat 639 kendaraan yang terjaring razia. Kendaraan yang terjaring razia terdiri dari mobil maupun sepeda motor.

Kami melakukan penindakan dengan tilang dan kurang lebih ada 639 kendaraan yang kami tilang, yang dilakukan oleh Polda maupun Polres jajaran, ujar Sambodo kepada wartawan, Senin (13/9).

Sambodo menuturkan, dalam razia ini juga masih ditemukan beberapa kafe yang beroperasi melebihi batas yang telah ditentukan. Oleh karena itu, polisi mengimbau kepada masyarakat agar disiplin menaati kebijakan pemerintah.

Anak-anak muda yang masih suka nongkrong-nongkrong silakan stay at home. Jangan keluar rumah kalau tidak perlu, supaya betul-betul Jakarta bisa segera terbebas dari pandemi Covid-19, jelasnya.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya memberlakukan pembatasan mobilitas warga selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di DKI Jakarta. Salah satu sistem yang diberlakukan yakni crowd free night (CFN).

Untuk pelaksanaan crowd free night yang sebetulnya sejak Minggu lalu sudah kita laksanakan akan kita lanjutkan pada Minggu ini khususnya pada saat malam weekend dan malam libur, kata DirlantasbPolda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Selasa (7/9).

Sambodo menuturkan, CFN akan dibagi 2 tahap. Pertama berlangsung malam hingga tengah malam dan tahap kedua berlangsung hingga menjelang pagi hari.

Pertama dari jam 22.00 sampai 24.00 itu kita sebut dengan filterisasi selektif. Artinya kita masih memperbolehkan arus lalu lintas melintas namun, kalau ada komunitas, komunitas geng motor yang menggunakan knalpot bising atau yang berpotensi kerumunan itu akan kita larang, kata Sambodo.

Jam 24.00 sampai dengan pukul 04.00 itu akan kita filterisasi penuh, filterisasi ketat yang kita perbolehkan melintas hanyalah darurat, tamu hotel dan orang yang bertempat tinggal atau penghuni di kawasan tersebut, tandasnya.

Artikel Asli