Seriusi Frontage Road, Tahun Depan Pemkab Sidoarjo Siapkan Rp 52 M

jawapos | Nasional | Published at 13/09/2021 09:08
Seriusi Frontage Road, Tahun Depan Pemkab Sidoarjo Siapkan Rp 52 M

JawaPos.com Pengerjaan Frontage Road (FR) Waru sampai Gedangan, Sidoarjo, terus berlangsung. Targetnya, tahun ini terbangun sepanjang 1.600 meter dari Aloha sampai Gedangan. Tahun ini anggaran pembangunannya mencapai Rp 57,3 miliar. Tahun depan Pemkab Sidoarjo menyiapkan anggaran Rp 52 miliar untuk melanjutkan pembangunannya.

Saat ini progres FR sebagai proyek pengurai kepadatan lalu-lintas itu baru sampai pembangunan jembatan di Gedangan dan pemadatan tanah. Empat alat berat tampak dioperasikan. Di sisi utara dekat aloha, alat berat mengerjakan pemadatan tanah. Pengerjaan itu sekitar 200 meter ke selatan. Sementara di sisi selatan pemadatan tanah bekas sawah tersebut, alat berat dan pekerja mulai membangun fondasi jembatan.

Sampai saat ini progresnya masih di pembangunan jembatan itu, ujar Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Pemkab Sidoarjo Sigit Setyawan.

Memang hasilnya belum tampak. Pekerja masih terlihat sibuk menuntaskan urukan jalan dan fondasi jembatan. Pengecoran jalan juga belum dilakukan. Meskipun begitu, targetnya tetap. Yakni, tahun ini jalan sepanjang 1.600 meter hingga perempatan Gedangan rampung.

Pemkab Sidoarjo optimistis bisa terbangun meskipun ada ganjalan 29 bidang lahan yang masih belum dibebaskan. Sambil menunggu pembebasan lahan tersebut, pekerja membangun di lahan yang sudah siap dulu. Ada sekitar 900 meter sampai 1 kilometer yang lahannya sudah siap. Itu sekarang yang dikerjakan dulu, jelas Sigit.

Termasuk pada lokasi jembatan FR yang sedang dibangun itu. Jadi sambil jalan, biar tidak menunggu, tuturnya. Saat ini penetapan lokasi 29 lahan tersebut sudah selesai. Pemkab sedang proses appraisal . Akhir September ini mulai pembayaran, mudah-mudahan bisa selesai, katanya.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sidoarjo Anang Siswandoko menilai pembebasan lahan mungkin baru terealisasi Oktober. Sebab, sampai saat ini pemkab masih membahas nilai appraisal- nya.

Pihaknya berkomitmen terus mengawal pembangunannya. Baik dari anggaran maupun pengerjaan fisiknya. Dewan akan rutin melakukan sidak untuk melihat progresnya. Karena FR ini prioritas untuk memecah kemacetan Waru sampai Gedangan yang sudah bertahun-tahun, ujarnya.

Anang menyebutkan, DPRD maupun Pemkab Sidoarjo berkomitmen menuntaskan pembangunan FR. Karena itu, Pemkab Sidoarjo bakal mengucurkan anggaran lagi untuk melanjutkan pembangunannya di tahun depan. Anggarannya di APBD 2022 ada Rp 52 miliar, ungkapnya.

Anggaran tersebut dipersiapkan untuk membangun FR lanjutan dari 1.600 meter yang dibangun tahun ini. Tepatnya di sisi selatan perempatan Gedangan hingga masuk Kecamatan Buduran.

Artikel Asli