Usut Dugaan TPPU Pembobolan Rekening Bank NTB Syariah, Polda NTB Telusuri Aset Diduga Dibeli dari Hasil Pengalihan Dana

suarantb | Nasional | Published at 13/09/2021 02:00
Usut Dugaan TPPU Pembobolan Rekening Bank NTB Syariah, Polda NTB Telusuri Aset Diduga Dibeli dari Hasil Pengalihan Dana

Mataram (Suara NTB) Dana hasil penggelapan dana nasabah Bank NTB Syariah Rp11,9 miliar diduga dialihkan dalam bentuk aset. Sejumlah aset ini sedang ditelusuri. Baik harta bergerak maupun tidak bergerak. Polda NTB membuka pengusutan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Pasti arahnya ke sana (TPPU) tapi setelah kita selesaikan yang perbankannya dulu, tegas Dirreskrimsus Polda NTB Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana, akhir pekan lalu.

Pengusutan TPPU ini dengan menelusuri aliran dana yang digelapkan. Sejumlah transaksi dari beberapa rekening yang dipakai dilacak. Uang yang digelapkan ini diduga sudah disamarkan dalam bentuk lain dengan dibelanjakan atau dialihkan. TPPU-nya ini untuk sita aset-asetnya, imbuh Eka.

Kasus ini sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan tindak pidana perbankan. Modus yang ditemukan antara lain transaksi perbankan nasabah dialihkan ke rekening pribadi. Modus ini dipakai selama delapan tahun. Sejak tahun 2012 sampai 2020.

Pelakunya diduga oknum pegawai dengan jabatan penyelia pelayanan nontunai berinisial PS yang menjadi terlapor dalam kasus ini. Polda NTB juga sedang mengembangkan keterlibatan orang lain. Terlapor PS merupakan penyelia yang membawahi pegawai.

Sebanyak 18 saksi sudah dimintai keterangannya di tahap penyelidikan. Saksi-saksi ini akan dipanggil lagi untuk diperiksa di tahap penyidikan.Hasil sementara, ditemukan pembobolan transaksi dari 440 nasabah sepanjang delapan tahun.

Pembobolan ini dilakukan dengan mengalihkan transaksi nasabah ke tiga rekening pribadi yang dijadikan penampung. Transaksi yang dibobol ini antara lain transfer antarrekening serta setor tunai. Transaksi itu baru akan diproses setelah nasabah komplain. Tindaklanjut komplain ini dengan mengambilkan dana dari transaksi nasabah lain. (why)

Artikel Usut Dugaan TPPU Pembobolan Rekening Bank NTB Syariah, Polda NTB Telusuri Aset Diduga Dibeli dari Hasil Pengalihan Dana pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli