Beri Award, Demokrat Bukan Kacang yang Lupa Kulitnya

wartaekonomi | Nasional | Published at 13/09/2021 08:50
Beri Award, Demokrat Bukan Kacang yang Lupa Kulitnya

Partai Demokrat tidak melupakan para pendiri dan kader seniornya yang berperan besar, hingga partai berlogo Mercy itu bertahan dua dekade. Karenanya, pemberian penghargaan terhadap kader utama terbaik partai itu pantas dilakukan.

Dalam peringatan hari ulang tahun ke-20, kepengurusan Partai Demokrat di bawah komando Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan award kepada 35 pendiri dan fungsionaris senior partai.

Penghargaan itu diberikan di waktu yang terhormat. Yaitu, di Puncak Acara Peringatan Dua Dekade Partai Demokrat, di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, dan disaksikan puluhan ribu kader utama secara virtual, Kamis (9/9).

"Ketum AHY menganugerahkan ini kepada mereka yang telah berjuang membesarkan partai, serta konsisten menjaga kehormatan dan kedaulatan Partai Demokrat," kata Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Sekjen DPP) Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsa, dilansir Rakyat Merdeka , Senin (13/9/2021).

Dia merincikan, penghargaan ini dibagi menjadi empat kategori. Yaitu, 30 tokoh Pejuang Demokrat, 3 tokoh Srikandi Demokrat, 1 tokoh penerima Spirit of Demokrat , dan 1 tokoh penerima Lifetime Achievement .

Untuk kategori Pejuang Demokrat diberikan kepada pendiri, mantan ketua umum, mantan sekjen partai, mantan ketua DPD dan fungsionaris senior lainnya. Di antaranya, pendiri sekaligus Ketua Umum pertama, Prof Budhisantoso, (Alm) Ventje Rumangkang, hingga Amir Syamsuddin.

Sementara, penghargaan Srikandi Demokrat diberikan kepada mantan Wakil Ketua MPR, Melani Leimina Suharli, Titiek Budhisantoso, dan mantan Bendahara Umum Indrawati Sukadis. Mereka dianggap sebagai kader perempuan yang menjadi sumber inspirasi bagi kader seluruh Indonesia.

Selanjutnya, penghargaan Spirit of Demokrat dianugerahkan kepada Almarhumah Ani Yudhoyono. Selain sebagai Ibu Negara dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ibu Ani juga sempat menjabat Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

Riefky menjelaskan, jasa Bu Ani begitu besar. Bahkan, dua hari sebelum dirawat di rumah sakit di Singapura, almarhumah masih menemani Pak SBY dalam Safari Kampanye 2019 di Sumatera Utara dan Aceh.

Di peringatan dua dekade Partai Demokrat ini juga memberikan anugerah penghargaan Lifetime Achievement alias prestasi seumur hidup kepada SBY. Ayah kandung Ketum AHY itu dianggap telah mendedikasikan waktu, tenaga, dan pikiran dalam perjuangan Partai Demokrat.

"Beliau menuntun Partai Demokrat untuk terus konsisten menjaga semangat nasionalis religius sebagai napas perjuangan partai," ucapnya.

Baginya, SBY merupakan tokoh utama, guru, dan panutan yang memberikan semangat, energi, dan inspirasi bagi para kader Demokrat hingga saat ini. "Jasa beliau bagi bangsa dan negara ini pun tercatat dengan tinta emas. Beliau adalah Bapak Bangsa dan Bapak Demokrasi Indonesia," tutupnya.

Lifetime Achievement merupakan anugerah tertinggi yang diberikan Partai Demokrat kepada sosok SBY. Penghargaan ini, sekaligus menjadi kado ulang tahun SBY, yang lahir pada 9 September 1949, bertepatan harlah Partai Demokrat, dua dekade silam.

Artikel Asli