Masuk Got Lain Anies, Lain Jokowi

rm.id | Nasional | Published at 13/09/2021 07:25
Masuk Got Lain Anies, Lain Jokowi

Video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kecebur got viral di medsos. Video itu mengingatkan publik pada peristiwa sembilan tahun lalu, saat Presiden Jokowi, yang ketika itu masih menjabat Gubernur DKI, masuk gorong-gorong. Sampai-sampai, ada yang mengait-ngaitkan peristiwa Anies kecebur got dengan aksi Jokowi itu.

Peristiwa Anies kecebur got terjadi di Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (11/9), ketika akan meninjau vaksinasi Covid-19. Saat itu, Anies tengah jalan di gang sempit sambil berdadah-dadah ke arah warga yang berterik-teriak memanggil namanya. Beberapa orang terlihat mengawal.

Saking asyiknya dadah-dadah, Anies tak memerhatikan langkah kaki. Akhirnya, kaki kanan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, terperosok. Beberapa orang di belakangnya langsung menolong dan mengangkat Anies. Sementara, beberapa emak-emak terdengar berteriak kaget.

Video Anies kecebur got itu, lalu diunggah pemilik akun twitter @balarong . Tak lama berselang, video berdurasi 9 detik itu, langsung viral. Sampai tadi malam, video itu sudah ditonton 50 ribu kali, dikomentari lebih dari 100 warganet, 462 like , dan 291 retweet .

Anies pun kemudian menceritakan pengalaman kecebur got itu di Instagram pribadinya, @aniesnaswedan , kemarin. Mantan Rektor Universitas Paramadina ini memulai dengan menjelaskan aktivitasnya saat itu. Anies menyebut peristiwa tersebut merupakan pengalaman seru. "Perjalanan seru siang tadi menuju sentra vaksinasi di Tanah Merah, Jakarta Utara," bukanya.

Anies mengungkapkan, usai kakinya tercebur got, ia sempat berganti alas kaki dengan sandal jepit. Nahasnya, sandal jepit tersebut malah putus. "Sempat nyeker sampai dapat sepatu pinjaman," lanjut dia.

Selain itu, ada satu lagi unggahan Anies yang masih menyinggung soal dirinya tercebur got. Yaitu dengan memvisualisasi dirinya sedang bermain di kolam ikan yang ada di teras rumahnya, di kawasan Jakarta Selatan. "Harus tetap hati-hati, biar tidak kecemplung lagi. Jangan sampai kecemplung dua hari berturut-turut," sambungnya sambil tertawa.

Dia juga mengingatkan masyarakat agar selalu berhati-hati saat berjalan, guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti yang dialaminya. "Buat teman-teman juga kalau jalan hati-hati biar nggak kecemplung. Mudah-mudahan semuanya selalu sehat dan selalu jaga protokol kesehatan," tekan suami Fery Farhati itu.

Saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, Jokowi juga pernah masuk gorong-gorong. Tepatnya pada Desember 2012 dan Agustus 2013. Saat itu, Jokowi masuk ke gorong-gorong untuk mengecek tumpukan sampah dalam upaya mengatasi banjir.

Karena dua peristiwa ini, ada beberapa warganet yang mengait-ngaitkan Anies dengan Jokowi. Namun, ada juga yang menyatakan, peristiwa yang dialami Anies beda dengan Jokowi.

Salah satu warganet yang mengait-ngaitkan adalah @NanaSuryacandra . Dia menganggap, peristiwa Anies kecebur got sebagai pertanda akan menjadi presiden seperti Jokowi.

Got? Tanda-tanda mau jadi presiden udah dekat nih, cuitnya. Sabar Pak Gubernur, ganjarannya presiden, timpal @SutanCrypto .

Komentar sama juga dilontarkan @LUTFIETEA . Tak apa Pak nyebur got pertanda 2024, Insya Allah," harap dia. Kalau sudah masuk got, tanda-tanda mau jadi presiden berarti, Pak, doa @wargaDjakarta .

Sedangkan yang menganggap beda adalah akun @iFUL_mb . "Lain kasus Bro. Kalau Pak Jokowi masuk got karena tuntutan kerja. Sedangkan Pak Anies masuk got karena apes dan grogi aja. Soalnya, jarang blusukan di masa pandemi ini," tulisnya.

Sementara, akun @AtikaFaya heran, mengapa got dikait-kaitkan dengan suksesi kepemimpinan. "Kenapa got dijadikan pertanda seseorang jadi presiden? Pak Jokowi masuk got lantas jadi presiden. Sekarang ramai Pak Anies kecebur got. 'Terpaksa' harus jadi presiden gitu," tulisnya. [UMM]

Artikel Asli