Pemkot Medan Terus Perbaiki Data Covid-19

jawapos | Nasional | Published at 13/09/2021 06:55
Pemkot Medan Terus Perbaiki Data Covid-19

JawaPos.com Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, menyatakan terus memperbaiki pendataan jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 untuk menghindari perbedaan data.

Data Covid-19 terus kita perbaiki dan perbaharui. Mudah-mudahan diperbaikinya data ini, level PPKM di Kota Medan bisa turun, kata Wali Kota Medan Bobby Nasution seperti dilansir dari Antara di Medan.

Menurut wali kota, dari pendataan sebelumnya menunjukkan bahwa kasus aktif Covid-19 di ibu kota Provinsi Sumut itu lebih dari tujuh ribuan. Padahal kasus konfirmasi tersebut, cuma berkisar dua ribuan dan belum termasuk jumlah mereka yang sembuh dan meninggal dunia akibat virus korona.

Wali kota menjelaskan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, tidak cukup cuma mengandalkan pemerintah, akan tetapi perlu dukungan dari masyarakat. Pemerintah hanya bisa mengimbau dan mengajak. Pemerintah juga memberi bantuan kepada masyarakat, ujar Wali Kota Bobby.

Bobby juga menyebut Pemkot Medan sedang menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo dalam menekan angka kasus penularan Covid-19. Dengan menjalankan instruksi tersebut, cenderung tidak terdapat penambahan kasus di zona merah.

Namun dia mengakui, pendataan kasus terkonfirmasi Covid-19 sejumlah rumah sakit atau klinik umum langsung kirim ke pusat data di provinsi. Kami akui belum semua data bisa kami input, karena data langsung masuk ke Pemprov Sumut, ujar Bobby.

Laporan Satgas Covid-19 Kota Medan pada Sabtu (11/9) menyebut, kasus konfirmasi Covid-19 tercatat45.836orang atau naik 177 orang, terdiri atas 42.938sembuh, 2.012 dirawat, dan 886 meninggal.

Data kami sudah diperbaiki, belum dilaporkan karena kami minta data di Pemprov Sumut tidak ada. Kalau pakai data all record tidak bisa, kata Bobby.

Artikel Asli