3 Perwira Tinggi TNI AL Ini Akhirnya Tambah Bintang, Ada yang Meraih Bintang Tiga

koran-jakarta.com | Nasional | Published at 09/09/2021 14:14
3 Perwira Tinggi TNI AL Ini Akhirnya Tambah Bintang, Ada yang Meraih Bintang Tiga

JAKARTA - Tiga perwira tinggi TNI Angkatan Laut (TNI AL) ini akhirnya menambah bintang. Dari tiga perwira tinggi yang tambah bintang ini, ada yang meraih bintang tiga alias jadi Laksamana Madya (Laksdya).

Ada pun tiga perwira tinggi TNI AL yang baru saja menambah bintang ini adalahLaksdya TNI Muhammad Ali yang saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I),Laksda TNI Erwin S. Aldedharma, yang sekarang memegang posisi sebagaiPanglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) dan Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Danlantamal IX Amb Koarmada III.

Sementara, satu perwiraTNI AL yang meraih bintang tiga itu adalah Laksdya TNI Muhammad Ali yang saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I).

Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I atau Kogabwilhan I yang sekarang dipimpin oleh Laksdya TNI Muhammad Ali, merupakan komando utama operasi Markas Besar Tentara Nasional Indonesia. Ini adalah satuan baru yang langsung berada di bawah komando Panglima TNI.

Fungsi dan peran Kogabwilhan akan mengintegrasikan berbagai pangkalan TNI seperti yang ada di Natuna, Morotai, hingga Biak. Kogabwilhan dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia tertanggal 18 Oktober 2019.

Kogabwilhan I dipimpin oleh Pangkogabwilhan I yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI. Pangkogabwilhan I dijabat oleh Perwira Tinggi berpangkat bintang tiga. Laksdya TNI Muhammad Ali sendiri mulai menjabat Pangkogabwilhan I sejak 2 Agustus 2021. Laksdya TNI Muhammad Ali menjabat Pangkogabwilhan I, berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/447/V/2020 tanggal 26 Mei 2020.

Mengutip keterangan pers Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto yang diterima Koran Jakarta baru-baru ini, kenaikan pangkat para perwira berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1925 /VIII/2021, tanggal 31 Agustus 2021. Kenaikan pangkat ini terdiri dari 13 Pati TNI AD, 3 Pati TNI AL dan 9 Pati TNI AU.

Kolonel Edys juga menginformasikan, jika pada Senin (6/9) telah dilaksanakan laporan Korps kenaikan pangkat 25 orang Perwira Tinggi (Pati) TNI yang bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang langsung menerima laporan Korps kenaikan pangkat 25 orang Perwira Tinggi (Pati) TNI tersebut.

Artikel Asli