Peringati Haornas, Menpora Sambut DBON Untuk Raihan Prestasi

limapagi.id | Nasional | Published at 09/09/2021 13:15
Peringati Haornas, Menpora Sambut DBON Untuk Raihan Prestasi

LIMAPAGI - Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora), menyambut perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 yang jatuh pada Kamis, 9 September 2021 hari ini.

Dalam Haornas ke-38 ini, Zainudin menyebut bahwa perayaan ini mengusung tema Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Peringatan Haornas ke-38 ini mengambil tema DBON untuk Indonesia maju," kata Zainudin dalam tayangan di YouTube channel Kemenpora RI.

"Sesuai arahan presiden kepada kami dan stakeholder olahraga lainnya, diminta untuk melakukan review total terhadap ekosistem olahraga nasional,"

"Dan juga melakukan perbaikan tata kelola perbaikan prestasi serta melakukan sinergitas antara pemangku kepentingan olahraga nasional dari tingkat pusat ke tingkat daerah."

Dalam DBON ini, pemerintah ingin pembinaan dan pengembangan olahraga bisa secara modern agar bisa melahirkan atlet-atlet Tanah Air yang berkualitas.

"Kita sadar bahwa tidak ada prestasi yang instan. Untuk menghasilkan prestasi, dibutuhkan pembinaan yang berkesinambungan. Tentu dengan dukungan elemen-elemen penunjang lainnya," ungkap Zainudin.

"Dalam pembinaan olahraga modern, sport science harus menjadi panduan utama dalam melahirkan atlet-atlet tingkat dunia,"

"Selain itu, kita harus menempatkan sumber daya manusia yang tangguh, berkarakter, dan punya kemampuan untuk bersaing."

DBON ini disebutnya akan menyeluruh untuk urusan hulu sampai hilir. Semua hal akan dipersiapkan mulai dari target, sasaran, hingga saran dan prasarananya.

Zainudin juga ingin prestasi olahraga yang didapat tidak lagi by accident , melainkan membuat pabrik prestasi yang sudah direncanakan.

"Prestasi itu harus by design sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan prestasi, harus punya rujukan yang jelas dengan ukuran-ukuran yang pasti dan bisa beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi. Di sinilah diperlukan DBON," ujarnya.

Dengan begitu, Zainudin berharap DBON bisa menjadi pemicu munculnya para atlet kebanggaan Tanah Air yang bisa bersaing di tingkat internasional.

Artikel Asli