Pantai Rembang Jateng Mulai Buka, Wisatawan Wajib Vaksin Dosis 1

limapagi.id | Nasional | Published at 09/09/2021 13:35
Pantai Rembang Jateng Mulai Buka, Wisatawan Wajib Vaksin Dosis 1

LIMAPAGI - Wisata pantai di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, mulai buka pekan ini. Pengunjung yang datang diwajibkan telah melakukan vaksinasi minimal dosis 1.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang, Dwi Purwanto mengatakan pembukaan wisata di Kota Bangkit telah sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 39 tahun 2021. Daerah yang masuk zona level 2 dalam perpanjangan PPKM diperkenan membuka sektor pariwisatanya secara terbatas.

"Ini Rembang sudah masuk level 2, sehingga kami lakukan pembukaan wisata. Kemarin para pengelola wisata di Rembang sudah kami kumpulkan dan diberi edukasi terkait syarat-syarat pembukaan wisata," ujarnya, Kamis, 9 September 2021.

Dwi menegaskan pembukaan wisata ini sebelumnya telah disimulasikan. Sehingga di masa perpanjang PPKM yang berlaku hingga 13 September mendatang wisata yang sebelumnya telah melakukan simulasi diperbolehkan untuk melakukan pembukaan wisata secara terbatas.

"Kemarin sudah disimulasikan. Wisata yang sudah dapat rekomendasi dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bisa langsung buka," ujarnya.

Bagi wisata yang nekat buka, tanpa melakukan simulasi dan rekomendasi akan ditutup. Wisata tersebut akan diarahkan untuk mengajukan simulasi ke pihaknya terlebih dahulu.

"Mengajukan permohonan simulasi dulu. Nanti akan dipantau dan evaluasi, kalau lolos akan diberi rekomendasi untuk pembukaan wisata terbatas," tegasnya.

Adapun sejumlah syarat simulasi dan pembukaan wisata terbatas sesuai dengan Inmendagri nomor 39 tahun 2021. Objek wisata harus menjalankan protokol kesehatan ketat, dengan kuota pengunjung maksimal 25 persen. "Untuk pengunjung dan pengelola wisata juga kita wajibkan telah vaksinasi minimal dosis 1," katanya.

Pemeriksaan kartu vaksin atau aplikasi PeduliLindungi akan dilakukan di tempat masuk objek wisata. Bagi wisatawan yang belum vaksinasi akan diputar balik.

Menurut Dwi, sebanyak 32 wisata dan desa wisata di Rembang 20 di antaranya telah melakukan simulasi dan siap melakukan pembukaan wisata terbatas pekan ini.

Pantai Pasir Putih Wates ini sudah buka, Pantai Karang Jahe Beach juga sudah buka. Beberapa wisata lain juga ini sudah buka secara terbatas. "Untuk pengelola wisata di Rembang rata-rata sudah vaksinasi," ungkapnya.

Penerapan prokes ketat di objek wisata Rembang diharapkan membangkitkan geliat perekonomian sektor pariwisata dan tidak memicu kemunculan klaster baru di Rembang.

Artikel Asli