Pengiriman Ternak via Pelabuhan Tanjung Perak Mulai Meningkat

jawapos | Nasional | Published at 09/09/2021 13:48
Pengiriman Ternak via Pelabuhan Tanjung Perak Mulai Meningkat

JawaPos.com Pengiriman hewan ke Jatim sempat dihentikan karena pandemi Covid-19. Kini perdagangan ternak antarpulau mulai bergeliat lagi. Arus hewan di Pelabuhan Tanjung Perak meningkat pada awal tahun ini.

Berdasar catatan Pelindo III Regional Jatim, tercatat ada 5.743 ternak yang masuk selama semester I tahun ini. Jumlah itu terpaut jauh pada 2020. Selama periode yang sama tahun lalu, hanya ada 535 ekor yang dikirim ke Surabaya.

Kepala Humas PT Pelindo III Regional Jatim Rendy Fendy membenarkan adanya kenaikan arus hewan. Menurut dia, hal itu disebabkan banyak hal. Dulu ternak yang masuk memang sempat dilarang karena pandemi. Sekarang sudah normal, kata Rendy.

Menurut dia, ternak yang dikirim ke Surabaya sebagian besar merupakan sapi. Ternak-ternak itu dikirim dari sejumlah daerah. Paling banyak dari NTT dan NTB, tambah Rendy.

Dia menjelaskan bahwa pertumbuhan arus ternak tidak saja menunjukkan tingkat konsumsi daging di Jawa, tetapi juga peningkatan perdagangan antardaerah. Terutama di Jatim dan wilayah lainnya.

Selama ini, kata Rendy, Pelindo telah menyiapkan lokasi khusus pengiriman ternak. Tempatnya di Dermaga Kalimas. Sapi-sapi dari luar daerah diangkut dengan menggunakan kapal.

Sementara itu, layanan dan pemeriksaan angkutan berbeda dengan sebelumnya. Selama pandemi, lanjut Rendy, kesehatan ternak dicek secara ketat. Pelindo telah bekerja sama dengan instansi lain untuk memastikan sapi-sapi tersebut benar-benar sehat.

Bukan hanya masalah kesehatan. Proses penurunan hewan juga dilakukan sesuai dengan prosedur dari satgas Covid-19. Seluruh ABK diwajibkan memakai APD. Mereka juga harus melakukan tes Covid-19 secara rutin.

Berdasar keterangan Rendy, peningkatan pengiriman sapi paling banyak terjadi menjelang Idul Adha. Ternak tidak hanya dikirim ke wilayah Jatim. Sebagian dibawa menuju ke daerah ibu kota.

Berbagai upaya dilakukan untuk mendukung pengiriman hewan. Tidak saja melakukan pengerukan kolam. Pelindo juga mengaspal dermaga yang sempat rusak. Perbaikan dilakukan agar truk-truk pengangkut barang bisa mulus berjalan di sekitar Dermaga Kalimas.

Artikel Asli