Komnas HAM Minta Kasus Kebakaran Lapas Tangerang Diusut Tuntas

sindonews | Nasional | Published at 09/09/2021 13:24
Komnas HAM Minta Kasus Kebakaran Lapas Tangerang Diusut Tuntas

TANGERANG - Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut peristiwa kebakaran Lapas Tangerang yang terjadi di Blok C2 pada Rabu 9 September 2021 kemarin adalah masalah kemanusiaan. Selain itu lapas tersebut diketahui sudah kelebihan kapasitas, bahkan hingga mencapai 400%.

"Ini sebenarnya adalah tragedi, ada 41 orang yang meninggal dunia. Lalu, lapas di Indonesia itu over capacity dan itu persoalan yang sistemik," ujar Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, Kamis (9/9/2021).

Taufan juga meminta agar semua pihak terkait bisa mengusut tuntas kasus ini karena menyangkut masalah kemanusiaan. Terlebih lagi usia lapas yang sudah tua, namun sejak pertama kali dibangun belum ada pembenahan instalasi listrik. Dugaan kuat penyebab kebakaran adalah karena adanya korsleting listrik.

"Kami minta untuk melakukan satu penyidikan yang lebih mendalam, lebih objektif dan transparan sehingga semua masyarakat ini tau apa yang sebetulnya terjadi," lanjut Taufan.

Untuk investigasi tersebut, dia meminta langsung kepada Kapolda Metro Jaya untuk mencari penyebab pasti dari kebakaran tersebut meskipun bukti yang ada merujuk pada permasalahan listrik.

"Kalau soal investigasi yang lebih dalam tentu kita sudah kontak juga dengan Kapolda untuk benar-benar melakukan satu penyidikan serius, mendalam untuk mencari penyebab, kenapa ini bisa terjadi," pungkas Taufan.

Artikel Asli