5 Cara Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

republika | Nasional | Published at 09/09/2021 13:06
5 Cara Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Cuaca dingin di musim hujan bisa menjadi waktu yang menantang bagi sistem kekebalan tubuh, dengan banyaknya serangga yang berkeliaran dan suhu yang lebih dingin berarti lebih banyak berada di dalam ruangan, sehingga memudahkan penyebaran kuman.

"Setiap hari, kita semua menghirup lebih dari 100 juta bakteri yang berbeda. Untuk menghentikannya, kita memiliki sekitar 30 juta antibodi unik, masing-masing diprogram untuk mengenali satu bakteri yang diketahui,," kata Ahli Herbal Medis Euan MacLennan dikutip dari irishexaminer.com pada Kamis (9/9).

Ingat, cara terbaik untuk menghentikan penyebaran serangga adalah dengan tetap melakukan hal-hal seperti mencuci tangan secara teratur dan meminimalkan kontak dengan orang lain jika Anda, atau mereka, tidak sehat. Selain itu juga tetapi gaya hidup sehat dapat membantu mendukung sistem kekebalan juga.

Ini cara yang dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda:

1. Berolahraga

Jika Anda telah mengabaikan keanggotaan gym Anda sejak pandemi, inilah satu alasan yang sangat bagus untuk kembali ke rutinitas olahraga teratur.

Selain melindungi jantung, olahraga sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan yang kuat. Apakah itu jalan cepat ke warung terdekat atau ke minimarket, berenang saat sedang tidak hujan atau sekadar berolahraga di rumah.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur meningkatkan sirkulasi sel darah putih yang tujuannya adalah untuk membunuh penyakit apapun yang menyebabkan patogen dalam tubuh.

Namun ada masalah jika Anda terlalu banyak berlatih, Anda sebenarnya dapat melemahkan sistem kekebalan Anda, karena Anda tidak membiarkan tubuh Anda pulih. Secara umum, cukup sulit untuk benar-benar berlatih berlebihan, tetapi pastikan untuk menjadwalkan hari istirahat secara teratur sehingga Anda dapat memperoleh manfaat penuh.

Artikel Asli