Sebelum Kebakaran, Lapas Klas I Tangerang Melebihi Batas Kapasitas

bantennews.co.id | Nasional | Published at 09/09/2021 13:02
Sebelum Kebakaran, Lapas Klas I Tangerang Melebihi Batas Kapasitas

TANGERANG Sebelum terjadinya kebakaran di Lapas klas I Tangerang kemarin, pukul 1.50 WIB yang menewaskan 41 warga binaan, ternyata lapas tersebut sudah overload atau melebihi batas kapasitas.

Menurut Kabag Humas dan Protokol Lapas Rika Aprianti, Penghuni Lapas Kelas 1 Tangerang saat ini sebanyak 2.072 orang, dari kapasitas seharusnya untuk 600 orang. Kelebihan hunian dari kapasitas sebesar 250 persen.

Sambil menunggu recovery, kata Rika, Warga Binaan Pemasyarakatan yang selamat sementara akan ditempatkan di masjid dan lapas yang lain.

Memang Banten kan over kapasitas mas, mau kita taro mana ya harus tetap ditaro sini sambil menunggu recovery dari RSUD, ujar Rika saat dikonfirmasi, Kamis (9/9/2021).

Sementara untuk total petugas keseluruhan 182 orang, dengan kekuatan petugas pengamanan 13 orang per regu. Terdapat 7 Blok Hunian (blok A-G) dan satu menara.

Kami keluarga besar Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM mengucapakan berbelasungkawa yang sedalam-sedalamnya kepada warga binaan korban kebakaran dan keluarganya, baik yang meninggal dunia maupun yang masih dalam perawatan, ungkapnya.

Kami membuka informasi seluas-luasnya kepada keluarga warga binaan yang ingin mengetahui kondisi dari keluarganya yang sedang menjalankan pidana di Lapas Klas 1 Tangerang dengan nomor Crisis Center 081383557758, pungkasnya. ( Ihy/Red)

Artikel Asli