Akhirnya Destinasi Wisata di Kota Malang Boleh Buka, Perhatikan ini Sebelum Berlibur

jatimtimes.com | Nasional | Published at 09/09/2021 12:50
Akhirnya Destinasi Wisata di Kota Malang Boleh Buka, Perhatikan ini Sebelum Berlibur

JATIMTIMES - Kota Malang masuk menjadi salah satu kawasan yang masuk ujicoba pembukaan wisata pada PPKM level 3. Hal itu sangat disambut baik oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar). Rencananya, salah satu tempat wisata yang pertama akan di ujicoba adalah Hawai Group Malang.

Kepastian ditunjuknya salah satu tempat wisata itu setelah Disporapar Kota Malang mengikuti rapat koordinasi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI) Rabu (8/9/2021) kemarin.

Kepala Disporapar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan bahwa sebenarnya dalam masa PPKM Level 3 sendiri, tempat wisata masih belum diperbolehkan buka. Akan tetapi pengarahan pemerintah pusat, Kota Malang menjadi salah satu tujuan usulan uji coba pembukaan tempat wisata.

Ada arahan untuk Kota Malang yang menjadi percobaan pembukaan destinasi wisata, yaitu Hawai. Tentunya itu dengan menerapkan prokes, kemudian ada aplikasi PeduliLindungi, ujar perempuan yang akrab disapa Dayu itu, Kamis (9/9/2021).

Untuk Kampung Tematik sendiri, kata Dayu saat ini masih belum dibuka. Sebab, hal itu juga masih harus menunggu usulan awal ujicoba pembukaan, dan jika berhasil nanti akan direkomendasi lebih lanjut.

Kami tunggu uji coba ini dulu. Kalau lancar, terus direkomendasikan boleh kami buka dengan ketentuan itu tadi dengan syarat sudah vaksin juga, ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Hawai Group Malang, Bambang Judo Utomo mengaku bahwa rencana uji coba pembukaan wisata tersebut bakal segera terlaksana dalam pekan ini. Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai QR-Code aplikasi PeduliLindungi yang akan terpasang di setiap tempat wisata sebagai syarat utama.

Kami mempersiapkan semua protokol kesehatan dengan standar CHSE. Kami yang masuk dalam 20 usulan itu sedang koordinasi untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat utama pembukaan, paparnya.

Disisi lain, Bambang juga menyebut bahwa seluruh karyawan Hawai Group Malang telah tervaksin sebagai salah satu bentuk kesiapan pihaknya untuk membuka tempat wisata. Dalam hal ini pihaknya juga menunjuk dua destinasi wisata di dalam naungan Hawai Group Malang.

Kami yang ditunjuk, sementara akan membuka Malang Night Paradise dan Museum Ganesya, ucapnya.

Sebagai informasi, selain Hawai Group Malang, 19 destinasi wisata yang masuk dalam usulan pembukaan kembali di PPKM Level 3, yakni ada Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Grand Maekaraca Taman Mini, TWC Borobudur, TWC Prambanan, Taman Satwa Taru Jurug, Taman Safari Indonesia, Taman Bunga Nusantara, The Lodge Maribaya, Gamping Lake Rancabali, Kawah Putih, Jbound, TWC Ratu Boko, Taman Pintar, Watu Lumbung Culture Resort, Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, Maharani Zoo dan Gua.

Artikel Asli