Ketua KPI Kaget Saipul Jamil Muncul di TV, Disambut Bak Pahlawan

jawapos | Nasional | Published at 09/09/2021 12:57
Ketua KPI Kaget Saipul Jamil Muncul di TV, Disambut Bak Pahlawan

JawaPos.com Upaya glorifikasi Saipul Jamil bukan hanya terjadi pada saat penyambutan di hari kebebasannya dari Lapas Kelas 1 Cipinang Jakarta Timur, Kamis (2/9). Program televisi juga dinilai berlebihan telah melakukan upaya glorofikasi.

Ketua KPI Agung Suprio mengaku kaget begitu tahu Saipul Jamil muncul dalam sebuah acara televisi kemudian disambut seperti pahlawan diberi kalungan bunga.

Bahkan pahlawan enggak gitu juga kali. Dikalungin seolah-olah dia tidak bersalah. Publik tidak suka kenapa? Dia diperlakukan seperti pahlawan, kata Agung Suprio dalam podcast Deddy Corbuzier.

Dia pun mengomentari pernyataan netizen yang menganggap KPI baru bergerak setelah kasus ini viral di media sosial. Agung menegaskan bahwa KPI bekerja pasca tayangan televisi tayang. Lembaga negara yang bertugas mengawasi tayangan televisi dan radio itu tidak dapat mengawasi program yang belum ditayangkan.

Agung juga mengungkapkan, kasus narkoba dan pelecehan seksual adalah dua yang sangat berbeda. Dalam kasus penyalahgunaan narkoba, artis-artis yang ditangkap lebih banyak sebagai korban. Sementara kasus asusila yang menjeret Saipul Jamil, dia adalah pelaku atau bisa disebut predator.

Kami melihat dari berbagai referensi dari luar negeri memang dibatasi. Bahkan ada di suatu negara dikasih alat, ada tracker- nya, meskipun sudah menjalani hukuman. Karena potensi itu bisa muncul kembali, ungkapnya.

KPI memberikan surat kepada semua stasiun televisi untuk tidak menggunakan Saipul Jamil sebagai talent bukan tanpa alasan. Hal itu demi melindungi publik supaya tidak permisif terhadap kasus pelecehan seksual. Ini perdebatannya antara HAM dan etika. Itu perdebatan kencang di komisioner, tutur Agung Suprio.

Agung menegaskan KPI tidak melarang Saipul Jamil untuk tidak tampil di acara televisi. Ia tetap bisa tampil di acara untuk tujuan memberikan edukasi. Di luar aspek edukasi, Saipul Jamil tidak diperbolehkan tampil. Misalnya dia hadir bahaya predator. Untuk nyanyi ini belum bisa dari surat yang kami kirim kepada televisi. Kami tidak melarang tapi membatasi, tuturnya. (*)

Artikel Asli