Kata Letkol Marinir, Inilah Latihan Pertempuran yang Wajib Bagi Prajurit Modern

koran-jakarta.com | Nasional | Published at 09/09/2021 12:38
Kata Letkol Marinir, Inilah Latihan Pertempuran yang Wajib Bagi Prajurit Modern

JAKARTA - Kata seorang Letkol Marinir, inilah latihan pertempuran yang wajib bagi prajurit modern. Latihan pertempuran yang jadi menu wajib prajurit modern itu adalah latihan pertempuran kota.

Letkol Marinir yang mengatakan itu adalah Letkol Mar Daniel Tarigan. Dia saat ini menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri 6 Marinir Korps Marinir TNI AL. Menurut Letkol Daniel, latihan pertempuran kota ini wajib bagi prajurit modern saat ini. Sebab dinamika perkembangan situasi dan kondisi yang menuntut itu.

Mengutip keterangan Dispen Kormar yang diterima Koran Jakarta , Kamis (9/9), baru-baru ini, prajurit Batalyon Infanteri 6 Marinir (Yonif 6 Mar) menggelar latihan pertempuran kota. Latihan dilaksanakan dilaksanakan di Yonif 6 Mar, Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan.

Menurut Letkol Daniel, latihan pertempuran kota dalam rangka mengasah naluri tempur dan profesionalisme. Latihan ini terlebih dahulu diawali dengan pemberian materi oleh Lettu Marinir Samsudin dengan menjelaskan teori dan teknis selama melaksanakan latihan perang mota dengan selalu mengutamakan faktor keselamatan. Dilanjutkan dengan kegiatan drill perbagian.

"Latihan ini juga bertujuan dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur perorangan maupun kelompok melalui kerjasama tim juga salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit Nanggal, karena dalam pelaksanaan sebenarnya kemampuan yang seperti ini sangat dibutuhkan dalam melaksanakan pembebasan sandera di dalam operasi sesungguhnya sesuai perintah satuan atas nantinya," kata Letkol Daniel.

Perwira menengah Marinir ini pun berharap seluruh prajurit Yonif 6 Marinir selalu melaksanakan setiap latihan dengan maksimal, baik secara teori maupun praktek. Sehingga dapat mengimplementasikan kemampuannya dalam pelaksanaan tugas ke depan.

Artikel Asli