Serbuan Vaksinasi oleh Puspenerbal Digelar untuk Nelayan dan Pelajar

jawapos | Nasional | Published at 09/09/2021 12:30
Serbuan Vaksinasi oleh Puspenerbal Digelar untuk Nelayan dan Pelajar

JawaPos.com Patroli dilakukan Pusat Penerbangan TNI-AL (Puspenerbal) di berbagai titik. Mulai kampung nelayan hingga Terminal 2 Bandara Juanda. Tujuannya, menggelar serbuan vaksinasi dan pengobatan gratis. Sasarannya adalah nelayan dan para pelajar.

Komandan Puspenerbal Laksda TNI Edwin menuturkan bahwa serbuan vaksinasi untuk masyarakat maritim dilakukan sejak lama. Hingga Rabu (8/9) sudah ada 38.649 warga kampung nelayan yang tervaksin. Target sasaran adalah sekitar lokasi Puspenerbal. Misalnya, kemarin pagi vaksinasi bertempat di TPI Banjarkemuning, Desa Gisik Cemandi, Sedati.

Tak hanya melakukan vaksinasi, pihaknya juga menggelar pengobatan massal dan pemberian santunan. Kegiatan yang diadakan dengan Jalasenastri Puspenerbal itu juga menyasar para siswa.

Sebanyak 1.300 siswa dari beberapa sekolah dan anggota Pramuka berkumpul di T2 Bandara Juanda. Mereka mengantre untuk mendapat giliran vaksinasi. Edwin mengatakan, serbuan vaksinasi diutamakan untuk dosis kedua. Namun, jika ada yang mengikuti dosis pertama, petugas tetap melayani.

Ini untuk membantu kelancaran PTM yang simulasinya saat ini sudah dilakukan, terangnya.

Jenderal bintang dua itu menuturkan, vaksin yang disediakan adalah AstraZeneca dan Sinovac. Tapi, jumlah yang paling banyak adalah Sinovac. Menurut dia, langkah itu dilakukan untuk membantu proses PTM. Sebab, syarat siswa boleh masuk ke sekolah adalah sudah divaksin.

Di samping itu, lanjut dia, serbuan vaksinasi masyarakat maritim sengaja dilaksanakan dengan jemput bola. Tujuannya, memudahkan mereka mendapat vaksin. Terlebih, aktivitas di laut membuat banyak nelayan sibuk sehingga tak punya banyak waktu.

Animo masyarakat nelayan dan pelajar cukup tinggi. Tidak sedikit di antara mereka yang balik kanan karena tidak kebagian kuota. Pendaftaran vaksin melalui jalur undangan, terang Edwin.

Selain menggelar serbuan vaksinasi, pejabat Puspenerbal berziarah ke makam prajurit TNI-AL. Sebab, selain untuk mengejar target vaksinasi dari pemerintah, kegiatan tersebut diadakan dalam rangka peringatan HUT Ke-76 TNI-AL. TNI-AL siap mewujudkan Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh, jelasnya.

Artikel Asli