Ternyata Ada China di Balik Proyek ‘Tempat Liburan’ Pangeran Abu Dhabi di Singkil

acehsatu.com | Nasional | Published at 09/09/2021 12:11
Ternyata Ada China di Balik Proyek ‘Tempat Liburan’ Pangeran Abu Dhabi di Singkil

ACEHSATU.COM | JAKARTA - Uni Emirat Arab (UEA) berminat membangun sebuah resor dan kawasan wisata di daerah Singkil, Aceh. Akan ada proyek sebesar US$ 500 juta atau sekitar Rp 7,1 triliun di kawasan ini.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan perwakilan Abu Dhabi akan datang berkunjung bulan ini untuk membahas kelanjutan proyek ini.

Tapi, Luhut mewanti-wanti masyarakat soal proyek ini.

Pasalnya, ada pihak China yang digandeng UEA dalam proyek ini. Dia menilai seringkali proyek-proyek yang dikerjakan oleh China selalu saja dipertanyakan di tengah masyarakat.

"Tapi jangan marah Anda. Dia (perwakilan Abu Dhabi) bawa China pula ke mari, jadi dunia berputar. Banyak orang protes ngapain Indonesia ke China, ini malah Abu Dhabi bawa CEO-nya orang China," ungkap Luhut dalam sambutan di acara Gernas BBI Aceh, Rabu (8/9/2021).

Pangeran Abu Dhabi di Singkil
Foto detik.com

Luhut menilai hal ini adalah imbas dari globalisasi. Hubungan bisa dilakukan oleh siapapun, baik dari negara apapun dan di mana pun. Namun yang paling penting adalah ketahanan nasional harus dibangun.

"Itu lah globalisasi itu. Ke siapa saja bisa berhubungan, tapi ketahanan nasional harus dibangun. Jangan dibentengi diri kita tidak bisa berhubungan maka kita akan ketinggalan karena dunia ini mengglobal," kata Luhut.

Adapun Luhut menjabarkan saat ini perwakilan Abu Dhabi sudah berkontak secara intens dengannya, khususnya dengan Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Al-Mazroui. Dia mengatakan bulan ini perwakilan Abu Dhabi bakal datang ke Indonesia untuk melanjutkan minat pengembangan resor di Aceh.

"Tanggal 13-15 mereka mau datang ke sini lagi untuk bicara proyek kerja sama Indonesia-Abu Dhabi," ungkap Luhut.

Potensinya, menurut Luhut, ada 40 ribu hektar kawasan di Singkil yang menarik hati UEA. Luhut mengatakan mereka akan membangun resor dan kawasan wisata di daerah itu.

Bahkan, daerah itu disebut Luhut menjadi favorit dari Pangeran Abu Dhabi Crown Prince Mohammed bin Zayed Al Nahyan alias MBZ. Saking favoritnya, Pangeran MBZ bahkan meminta agar dibuatkan juga penerbangan langsung dari Abu Dhabi ke Singkil.

"Mereka mau bikin ressort. Bahkan, Crown Prince Mohammed Bin Zayed juga mau sekali-kali juga ada di sana. Dia juga mau direct flight dari Abu Dhabi ke Singkil," ungkap Luhut. (*)

Artikel Asli