9 Kisah menarik Shang-Chi, film superhero Asia pertama master kung fu

brilio.net | Nasional | Published at 09/09/2021 11:50
9 Kisah menarik Shang-Chi, film superhero Asia pertama master kung fu

Brilio.net - Sejak dirilis secara internasional pada 3 September 2021, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings berhasil merajai Box Office minggu. Film yang mengisahkan superhero Asia pertama ini mendapatkan sambutan meriah dari pencinta film Marvel Cinematic Universe (MCU). Sambutan tersebut terbukti sampai seminggu penayangannya di beberapa negara, film ini berhasil meraup keuntungan sampai Rp 1 triliun.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings mengisahkan Shang-Chi, sosok biasa yang bekerja sebagai seorang pelayan. Ia dikenal sebagai sosok yang tenang dan tidak mudah marah. Namun, di balik ketenangan tersebut, ia memiliki kekuatan seni bela diri luar biasa.

Kekuatan seni bela diri tersebut terbukti saat Shang-Chi harus menelusuri sejarah masa lalunya yang kelam. Saat masih berusia 7 tahun, ia menjalani pelatihan brutal seni bela diri. Sampai usia 14 tahun, sosok yang diperankan oleh Simu Liu ini, dikirim ayahnya untuk membunuh Geng Besi, musuh bebuyutan ayahnya. Kejadian tersebut membuatnya trauma dan membuatnya melarikan diri ke San Francisco, Amerika Serikat dan berganti nama menjadi Shaun.

Saat beranjak dewasa, sesuatu hal membuatnya harus menelusuri sejarah keluarganya sendiri. Hal ini yang kemudian membuat Shang-Chi harus berhadapan dengan ayahnya sendiri, Wenwu alias Mandarin yang menjadi pimpinan penjahat Asia yang memiliki Ten Rings. Namun, di balik itu semua, banyak kisah menarik yang harus diketahui dari sosok Shang-Chi ini.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (9/9), berikut deretan kisah menarik sosok Shang-Chi, superhero Asia pertama.

1. Dianggap kriminal oleh banyak superhero Marvel.

foto: imdb.com

Shang-Chi dibesarkan dalam keluarga yang ingin menjadikannya senjata hidup. Namun, seperti halnya Black Widow, Shang-Chi pun memilih jalan yang sama untuk meninggalkan keluarganya.

Latar belakang inilah yang kemudian membuatnya selalu dianggap kriminal oleh superhero Marvel yang lain. Seperti Spider-man dan Wolverine yang percaya bahwa Shang-Chi adalah seorang penjahat dan banyak anggota tim pahlawan super canggung.

2. Seorang setengah Asia.

foto: imdb.com

Shang-Chi dilahirkan dari ayah bernama Wenwu alias Mandarin, seorang pimpinan penjahat Asia. Sementara ibunya adalah seorang Amerika kulit putih yang tak dijelaskan identitasnya.

Namun, dalam Edisi Khusus Marvel #15, sang ibu pernah berkata kepadanya bahwa ia merupakan perempuan terpilih untuk menjadi "ibu yang sempurna secara ilmiah".

Meskipun begitu, identitas sang ibu masih menjadi rahasia. Sejak usia 14 tahun, ia meninggalkan ayahnya di China dan pergi ke San Francisco, Amerika Serikat.

3. Identitas ayahnya yang rumit.

foto: imdb.com

Ayah Shang-Chi bernama Wenwu alias Mandarin, seorang pimpinan tertinggi penjahat Asia yang dapat menguasai Ten Rings, senjata mematikan dalam jagat Marvel Cinematic Universe. Namun, identitas ayah ditemukan dengan nama berbeda dalam beberapa keterangan.

Shang-Chi juga disebut sebagai putra Fu Manchu, seorang penjahat yang memiliki kekuatan super mengerikan dari Cina. Walaupun begitu, identitas tersebut dianggap sebagai nama lain dari Wenwu yang tak lain adalah Mandarin, yang kemudian menjadi musuh besar Shang-Chi.

4. Mengembangkan seni bela diri baru dengan Spider-man.

foto: imdb.com

Dalam Marvel Comics, Shang-Chi pernah menemukan seni bela diri baru yang disebutnya sebagai "The Way of the Spider". Seni bela diri ini ditemukan bersama Peter Parker Spider-man yang saat itu kehilangan indera peraba.

Jurus tersebut ia gunakan saat bersama Spider-man di sebuah pulau sekaligus sebagai cara untuk membantu agar indera peraba Spider-man kembali seperti semula.

5. Shang-Chi mengajari manajemen kemarahan kepada Wolverine.

foto: imdb.com

Shang-Chi dalam Marvel Cinematic Universe tampil sebagai superhero yang santai, wajahnya teduh, dengan kekuatan super yang menjanjikan. Kemampuan ini kemudian Shang-Chi ajarkan kepada Wolverine yang terkenal suka marah dan mengamuk.

Bagi Shang-Chi, kemarahan adalah tanda terlalu banyak berpikir. Shang-Chi memberitahu Wolverine bahwa ia harus berhenti mengkhawatirkan sifat kebinatangannya dan berubah menjadi petarung yang jauh lebih efektif.

6. Diprediksi lebih tangguh dari Captain America.

foto: imdb.com

Captain America merupakan salah satu superhero Marvel yang terkenal paling tangguh dengan gaya bertarungnya. Namun, Captain America sendiri malah memotivasi dirinya sendiri untuk mengikuti Shang-Chi.

Salah satu alasan logis yang bisa diterima adalah bahwa Shang-Chi sebenarnya lebih tangguh daripada Captain America sehingga ia pantas untuk ditiru.

7. Shang-Chi tidak memiliki kekuatan super.

foto: imdb.com

Walaupun masuk sebagai bagian dari superhero Marvel, Shang-Chi sebenarnya tidak memiliki kekuatan super. Namun, kekuatan yang ia dapatkan merupakan kekuatan yang diasah dari seni bela diri kung fu dan membuatnya sebagai superhero dengan seni bela diri terhebat. Hal ini yang kemudian membuat Captain America, Spider-Man, dan Wolverine belajar kepadanya.

Selain itu, Shang-Chi tak benar-benar membutuhkan kekuatan super. Sebagai seorang master kung fu terhebat, ia berhasil melawan beberapa superhero, makhluk bermutasi gamma, dan dewa, termasuk Ares, Dewa Perang Yunani. Kekuatannya tersebut membuatnya dapat menghindar dan menangkis serangan musuh dengan mudah.

8. Bisa menggunakan kekuatan Spider-Man dan Iron Man.

foto: imdb.com

Dalam semesta Marvel Cinematic Universe, segala kemungkinan bisa saja terjadi. Bahkan, sosok Shang-Chi yang pertama kali hadir sebagai superhero pertama dari Asia, kelak akan berkumpul bersama superhero yang lain dalam perang besar. Hal inilah yang membuat Shang-Chi bisa juga menggunakan kekuatan layaknya Spider-man yang bisa mengeluarkan jaring laba-laba dari tangannya.

Selain itu, bertarung dengan Avengers, ia menggunakan Partikel Pym untuk tumbuh menjadi ukuran Manusia Raksasa. Selain itu, ia juga dikenal akrab dengan Iron Man dan diberi Stark Tech khusus, yang datang dengan nunchaku bertenaga repulsor. Walaupun begitu, sekali lagi, Shang-Chi tidak benar-benar membutuhkan tenaga pinjaman dari superhero yang lain tersebut.

9. Shang-Chi diidentikkan dengan Bruce Lee.

foto: imdb.com

Kung Fu selalu diidentikkan dengan sosok legendaris Bruce Lee. Bruce Lee jugalah yang menginspirasi Marvel Paul Gulacy untuk pertama kalinya menggambar Shang-Chi pada 1974. Marvel menciptakan sosok Shang-Chi karena ingin mengubah serial Kung Fu (19721975) menjadi buku komik. Sebab waktu itu, serial tersebut diproduksi oleh Warner Bros, akhirnya Marvel DC Comics membuat cerita dan karakter Kung Fu mereka sendiri.

Artikel Asli