Dialokasikan Rp 12 Miliar, MUI Gresik Bakal Miliki Gedung Tiga Lantai

jawapos | Nasional | Published at 09/09/2021 10:59
Dialokasikan Rp 12 Miliar, MUI Gresik Bakal Miliki Gedung Tiga Lantai

JawaPos.com Pengerjaan proyek pembangunan gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik dimulai. Rabu (8/9) pagi, Bupati Fandi Akhmad Yani meletakkan batu pertama secara simbolis yang menandai start pembangunan gedung di sebelah barat Masjid Agung Gresik (MAG) itu.

Sesuai dengan rencana, gedung baru MUI Gresik nanti berdiri tiga lantai. Pembangunannya pun akan berlangsung secara multiyear hingga 2022.

Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq mengaku berterima kasih kepada pemerintah yang telah menyetujui usulan pembangunan gedung baru. Bantuan hibah itu, jelas dia, sangat bermanfaat. Sebab, selama ini MUI belum memiliki kantor sendiri.

Ini merupakan kerja nyata pemerintah. Eksekutif maupun legislatif menegaskan bahwa Gresik adalah kota wali. Semoga niat pemerintah daerah ini mendapatkan rida Allah SWT, tuturnya.

Sementara itu, Bupati Fandi Akhmad Yani menyatakan, keberadaan gedung MUI Gresik diharapkan bisa menjadi manfaat bagi warga. Untuk itu, dia meminta secara khusus agar pemenang lelang melibatkan tenaga kerja yang direkrut dari lingkungan sekitar.

Insya Allah, pembangunan dimulai tahun ini. Agar tidak ada keterlambatan, awal tahun depan akan diajukan anggaran tahap kedua, ungkapnya.

Untuk membangun gedung tiga lantai itu, Pemkab Gresik, terang Yani, sapaan karib Bupati Fandi Akhmad Yani, telah menyiapkan anggaran Rp 12 miliar. Anggaran itu dibagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama, pembangunan akan menelan sekitar Rp 3,4 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Pemkab Gresik Achmad Wasil Miftachul Rahman menambahkan, rencana pembangunan memiliki dua tahap. Yakni, tahap pertama pada 2021 dan tahap kedua pada 2022. Pelaksanaan pembangunan berlangsung 120 hari, imbuhnya.

Masih menurut Wasil, pada tahap pertama, kontraktor akan menyelesaikan struktur hingga atap. Selanjutnya, penyelesaian bangunan akan dilaksanakan pada 2022.

Artikel Asli