KBS Siap Buka Lagi, Jajaki Pengujung Pakai Aplikasi PeduliLindungi

jawapos | Nasional | Published at 09/09/2021 10:10
KBS Siap Buka Lagi, Jajaki Pengujung Pakai Aplikasi PeduliLindungi

JawaPos.com Penggunaan aplikasi PeduliLindungi tidak hanya untuk masuk mal, pusat perbelanjaan, dan ritel. Tapi, Kebun Binatang Surabaya (KBS) pun bisa jadi akan menerapkan kebijakan serupa. Kebijakan itu sedang ditelaah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya.

Rabu (8/9) disbudpar sudah berkoordinasi dengan manajemen Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) yang mengelola KBS. Koordinasi itu bertujuan membuka kembali tempat konservasi dan edukasi satwa tersebut untuk umum. Kami rakor untuk persiapan pembukaan kebun binatang (KBS, Red), ujar Kepala Disbudpar Surabaya Antiek Sugiharti kemarin.

Dia memastikan pihaknya akan mengikuti kebijakan pemerintah pusat sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali. Dalam regulasi, selama berada di level 3, tempat wisata belum bisa buka.

Antiek belum mau membeberkan lebih detail hasil rakor tersebut. Khususnya mengenai kepastian waktu operasional. Tim gugus tugas masih melakukan evaluasi, ucapnya.

Namun, operasional dipastikan mengikuti sejumlah hal untuk menjaga prokes secara ketat dan disiplin. Di antaranya, dengan melakukan skrining bagi pengunjung dan pekerja lokasi wisata. Itu merupakan deteksi dini untuk mencegah kemungkinan penularan di area lokasi wisata.

Selain itu, ada pertimbangan untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi milik Kemenkes sebagai syarat masuk bagi wisatawan. Karena ini kan juga tertuang dalam inmendagri. Semua masih didiskusikan, papar Antiek.

Saat ini PeduliLindungi yang memuat data vaksinasi warga menjadi syarat saat beraktivitas di pusat perbelanjaan atau mal. Kebijakan itu juga bakal diperluas ke tempat-tempat perbelanjaan seperti supermarket serta toko ritel modern.

Artikel Asli