Taklukkan Lithuania, Rekor Timnas Italia Berlanjut

republika | Nasional | Published at 09/09/2021 10:09
Taklukkan Lithuania, Rekor Timnas Italia Berlanjut

REPUBLIKA.CO.ID, REGIO EMILIA -- Timnas Italia sukses melanjutkan rekor tak terkalahkan setelah menaklukkan Lithuania dengan skor 5-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (9/9) dini hari WIB. Italia hanya butuh 11 menit untuk membuka keran gol lewat peran Moise Kean.

Berselang tiga menit, giliran kiper lawan yang melakukan blunder. Raspadori menambah keunggulan lewat golnya di menit ke-24, sebelum Moise Kean kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-29.

Dalam catatan Opta , Kamis (9/9), ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah sepak bola Italia unggul empat gol selama 30 menit.

"Italia mencetak empat gol dalam 30 menit pertandingan. Ini menjadi yang pertama dalam sejarah mereka," demikian laporan Opta.

Kegagalan Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2018 menjadi pukulan besar. Sejak saat itu, Roberto Mancini yang dipercaya menangani Gli Azzuri langsung melakukan perubahan besar-besaran.

Mantan pelatih Manchester City itu memadukan pemain muda dan senior dalam porsi yang seimbang. Ia masih memercayakan duet Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci sebagai benteng pertahanan, kemudian memanggil beberapa pemain muda seperti Moise Kean dan Federico Chiesa di lini depan.

Hasilnya, Italia belum pernah terkalahkan sejak September 2018. Saat ini, Gli Azzurri sudah mencatat 37 pertandingan tanpa sekalipun kalah. Italia bahkan berhasil mempersembahkan gelar Euro 2020 pada Juli 2021 lalu.

Artikel Asli