Buntut Taruna Tewas, Kemenhub Nonaktifkan Dua Pejabat PIP Semarang

rm.id | Nasional | Published at 09/09/2021 09:53
Buntut Taruna Tewas, Kemenhub Nonaktifkan Dua Pejabat PIP Semarang

Plt Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Antoni Arif Priadi mengatakan, fokus lakukan investigasi internal terkait tindak kekerasan yang melibatkan taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang.

Pasca kejadian tindak kekerasan itu, Direktur PIP Semarang Capt. M. Rofik telah menonaktifkan dua orang pejabat yaitu Wakil Direktur 3 serta Kepala Pusat Pengembangan Karakter Taruna dan Perwira Siswa (Pusbangkatarsis).

Keduanya diminta untuk fokus pada penyelesaian masalah termasuk berkoordinasi dengan pihak keluarga dan pihak kepolisian. "PIP Semarang saya minta fokus dan mengambil langkah-langkah percepatan untuk mengusut insiden ini dan mencegah kejadian serupa terulang kembali," ujarnya di Jakarta, Kamis (9/9).

Antoni menegaskan, tidak mentolerir terjadinya tindak kekerasan di lingkungan kampus. Meski tindak kekerasan tersebut terjadi di luar lingkungan kampus terhadap taruna yang sedang dalam pembelajaran jarak jauh, namun pihak kampus akan melakukan investigasi mengenai insiden ini.

Ia menambahkan, sebagai langkah preventif PIP Semarang di minta untuk menyelenggarakan kegiatan peningkatan pembinaan karakter sesegera mungkin secara virtual bagi seluruh civitas akademika.

Pengelola kampus juga ditekankan kembali mengenai penerapan standar prosedur pengawasan dan pencegahan tindak kekerasan di lingkungan sekolah secara tegas dan berkelanjutan. "Bagi para taruna, penting untuk diingatkan kembali, karena hampir 2 tahun ini tidak secara penuh tinggal di dalam asrama karena menjalani Pembelajaran Jarak Jauh," jelasnya.

Sebelumnya, Taruna PIP Semarang, Jawa Tengah atas nama Zidan Muhammad Faza tewas diduga karena dianiaya oleh seniornya Caesar Richardo Bintang Samudra Tampubolon. Caesar kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Penetapan tersangka berdasarkan laporan pemeriksaan dan keterangan saksi. [ KPJ ]

Artikel Asli