Kebakaran Ruko dan Empat Motor di Bantul, Kerugian Rp750 Juta

limapagi.id | Nasional | Published at 09/09/2021 09:40
Kebakaran Ruko dan Empat Motor di Bantul, Kerugian Rp750 Juta

LIMAPAGI - Kebakaran hebat melanda bangunan rumah toko atau ruko di Gaten, Kalurahan Trirenggo, Kanapnewon/Kabupaten Bantul, Yogyakara, Kamis, 9 September 2021. Perabotan yang ada di dalam ruko termasuk empat motor ikut terbakar. Estimasi kerugian mencapai Rp750 juta.

Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Sulistyanta mengatakan, penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Kebakaran juga menjalar ke rumah warga yang ada di belakang ruko, tapi bisa dilokalisir. "Kebakaran diduga karena korslering listrik," katanya, Kamis, 9 September 2021.

Dia mengungkapkan, kebakaran yang melandan ruko milik Warsono ini terjadi sekitar pukul 05.30 WIB. Saat itu seorang saksi bernama Iim yang sedang berada di lantai dua melihat ada asap masuk. Saksi yang penasaran lalu keluar dan melihat kepulan asap keluar dari atap di lantai satu.

Lim lalu meminta penghuni yang berada di lantai dua keluar. Namun kondisi di lantai satu sudah gelap dan panas. Diduga karena panik, saat keluar rumah seorang penghuni, Edo terjatuh. "Seorang penghuni ruko terjatuh karena terkilir sehingga harus dilarikan ke rumah sakit," katanya.

Sulistyana mengungkapkan, BPBD Bantul mendapat laporan kebakaran ini langsung bergerak cepat ke lokasi kejadian. Saat berada di lokasi, si jago merah sudah membesar. "Kami mengerahkan emat unit pemadam kebakaran untuk menjinakkan api. Dibantuk warga, relawan dan TNI/Polri akhirnya api berhasil dipadamkan," ungkapnya.

Setelah diinvetarisir, perabotan yang ikut terbakar antara lain empat sepeda motor, sepeda, kulkas delapan unit, dan tabung gas elpiji 50 unit, televisi serta perkakas rumah tanggan lainnya.

Menurut dia kerugian kebakaran diperkirakan Rp750 juta yang diduga akibat korsleting listrik ini. Namun untuk kepastian penyebabnya masih dalam penyelidikan kepolisian.

Artikel Asli