Testing Covid-19, Sekda Lotim Akui Lemah

suarantb | Nasional | Published at 09/09/2021 02:01
Testing Covid-19, Sekda Lotim Akui Lemah

Selong (Suara NTB) Belum keluarnya Lombok Timur (Lotim) dari level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diakui Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Drs. H. M. Juani Taofik, M.M. Sekda Lotim ini mengatakan, testing Covid-19 di Lotim masih lemah.

Menjawab Suara NTB , Rabu, 8 September 2021, H. M Juaini Taofik menyebutkan sampai saat ini ada 3 komponen respon kapasitas, yakni tracing sedang, testing terbatas dan treatment memadai. Artinya testing yang harus kita naikkan dari level terbatas ke sedang, bahkan memadai, ucapnya.

Sebagaimana Instruksi Menteri Dalam Negeri, testing per hari di Lotim minimal 885 orang. Kami sudah bagi minimal 885 bagi 35 puskesmas, bahkan dengan kita menggratiskan peserta CPNS itu juga sebagai salah satu solusi meningkatkan angka testing kita, sebutnya.

Sekda mengatakan, sekarang ini yang sukarelawan menjalani testing adalah para pelaku perjalanan ke luar daerah dan keluarga yang terkonfirmasi positif. Angka testingnya bersama swabber dari TNI dan Polri yang sudah terlatih.

Adapun tracing sendiri ujarnya, Lotim berada di level sedang, yakni pada level 2. Satu pasien terkonfirmasi ditracing sampai 15 kontak eratnya. Satu minggu ke depan, dengan terinputnya testing seleksi CPNS ini, insya Allah akan mengangkat signifikan, imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Lotim, Dr. Pathurrahman mengakui perlu menggenjot testing, karena jumlah penduduk yang besar. Upaya yang sudah dilakukan, pernah dibahas lewat zoom meeting dengan jajaran Pemda, Kepolisian dan TNI-Polri. Sudah digali caranya agar mendatangi kontrak erat. Ada juga kendala pada entry data, sehingga banyak tak terinput datanya. Tingkatkan tracing dan testing itu dengan mendatangi kontrak erat dan input datanya, ujarnya.

Menurutnya tidak ada kaitan soal anggaran pelaksanaan testing dan tracing. Intinya, testing itu merupakan bagian penting dari tindakan pencegahan penularan Covid-19. (rus)

Artikel Testing Covid-19, Sekda Lotim Akui Lemah pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli