Polda Metro Duga Titik Api Lapas Kelas I Tangerang Ada di Plafon

urbanasia.com | Nasional | Published at 09/09/2021 08:47
Polda Metro Duga Titik Api Lapas Kelas I Tangerang Ada di Plafon

Jakarta - Polda Metro Jaya menyebut titik api pada kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang , Banten pada Rabu (8/9/2021) dini hari, diduga berada di atas plafon.

"Dari hasil olah TKP disimpulkan titik apinya satu. Titik api bersumber di satu titik dan kemudian terjadi di atas di balik plafon," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat di Lapas Kelas 1 Tangerang, dikutip dari Antara, Kamis (9/9/2021).

Tubagus mengatakan titik api tersebut ditemukan setelah tim forensik Polda Metro Jaya dan Mabes Polri menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) yang melibatkan Tim Inafis (Automatic Finger Print Identification System) dan Pusat Laboratorium Forensik Bareskrim Polri.

Kendati demikian, hingga kini belum dapat dipastikan penyebab kebakaran, Tubagus mengatakan, dugaan sementara penyebab kebakaran adalah hubungan arus pendek (korsleting).

Lebih lanjut, ia mengatajan pihaknya telah membawa beberapa barang. Seluruh hasil temuan barang akan dianalisis untuk menemukan penyebab dari kebakaran yang menewaskan 41 warga binaan lapas tersebut.

"Kemudian dari hasil olah TKP, ada beberapa yang kami bawa antara lain kabel-kabel, beberapa alat listrik dan saluran instalasi," kata Tubagus.

"Pemeriksaan lebih lanjut terhadap hasil barang yang dikumpulkan itu akan dianalisa di labfor secara laboratoris untuk menyatakan apakah itu merupakan sebab atau apakah itu merupakan akibat si kabel-kabel terbakar," terangnya.

"Termasuk untuk melihat apakah penyebabnya, itu semua menunggu hasil dari labfor," pungkasnya.

"
Artikel Asli