Komnas HAM Datangi Lapas Kelas I Tangerang Lakukan Pemantauan Lapangan

sindonews | Nasional | Published at 09/09/2021 08:16
Komnas HAM Datangi Lapas Kelas I Tangerang Lakukan Pemantauan Lapangan

JAKARTA - Ketua Komnas HAM , Ahmad Taufan Damanik bersama Komisioner bidang Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Choirul Anam akan mendatangi Lapas Kelas I Tangerang . Kedatangan keduanya yakni untuk melakukan pemantauan lapangan tragedi kebakaran Lapas yang terjadi, Rabu 8 September 2021 kemarin.

"Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik bersama Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan M Choirul Anam serta Tim Pemantauan dan Penyelidikan melakukan pemantauan lapangan ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang," tulis Humas Komnas HAM dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Kamis (9/9/2021).

"Guna mendalami infomasi terkait peristiwa kebakaran yang menelan 41 korban jiwa," sambung keterangan tersebut.

Adapun direncanakan, Taufan dan Anam akan tiba pada sekira pukul 08.00 WIB. Sementara saat ini dipastikan telah dalam perjalanan.

"Diagendakan (sampai) jam 08.00 WIB, sekarang masih dalam perjalanan," tandasnya.

Seperti diketahui, kebakaran telah terjadi dan mulai menghanguskan Lapas sejak Rabu (8/9/2021) pukul 01.45 WIB. Adapun si jago merah dikabarkan baru dapat dipadamkan pada pukul 03.00 WIB.

"Api berhasil dipadamkan pukul 3 pagi. Api berkobar dari pukul 01.45 WIB. Kemungkinan besar kebakaran ini berlangsung selama dua jam lebih," kata Kapolres Tangerang Kota, Kombes Pol Deonijiu De Fatima kepada wartawan di Lapas Tangerang, kemarin.

Adapun imbas dari tragedi tersebut sebanyak 41 orang menjadi korban tewas akibat kebakaran tersebut. Sementara, 81 orang mengalami luka-luka, di antaranya 73 luka ringan dan delapan luka berat.

Artikel Asli