Pelaku Wisata Kuliah di Luar Negeri

suarantb | Nasional | Published at 09/09/2021 01:18
Pelaku Wisata Kuliah di Luar Negeri

MULAI tahun depan, Pemprov NTB menyasar pelaku wisata untuk dikuliahkan menempuh pendidikan S2 ke luar negeri. Ratusan kuota akan disiapkan bagi pelaku wisata, namun tetap akan dilakukan seleksi.

Yang sekarang kami prioritaskan beasiswa untuk para pelaku wisata untuk beasiswa NTB ke luar negeri, ujar Direktur Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB, Irwan Rahadi, M.Sc., dikonfirmasi di Kantor Gubernur, Rabu, 8 September 2021.

Dikatakan, ekarang kondisi sektor pariwisata akibat pandemi Covid-19 cukup terpengaruh. Sehingga menjadi kesempatan bagi NTB untuk meningkatkan kualitas SDM bidang pariwisata.

Karena survei kami, yang paling cepat bangkit nanti pascapandemi adalah sektor pariwisata. Maka perlu kita siapkan SDM-SDM yang unggul. Terutama di destinasi-destinasi pariwisata, katanya.

Irwan mengatakan para pelaku wisata di NTB diusahakan bisa mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kualitasnya dengan kuliah ke luar negeri. Sehinga, LPP membuka segmentasi beasiswa NTB untuk pelaku pariwisata.

Pelaku wisata yang berada di desa-desa wisata memiliki kesempatan untuk kuliah ke luar negeri lewat program beasiswa NTB. Nantinya, kata Irwan, para pelaku wisata juga akan tetap mengikuti seleksi.

Karena mereka akan menjadi mahasiswa internasional, perlu juga sesuai kebutuhan kampus tujuan. Jangan sampai nanti kita mengirim yang kesulitan mengikuti proses belajar. Karena mereka satu kelas dengan mahasiswa dari negara lainnya, terangnya.

Menurut Irwan, negara tujuan pengiriman pelaku wisata untuk menempuh pendidikan S2 yang paling rasional adalah Malaysia. Namun demikian, Polandia juga akan tetap dibuka untuk segmen ini. Tetapi kata Irwan, jika negara tujuannya Polandia, maka calon mahasiswa harus bisa berbahasa Inggris.

Yang benar-benar qualified, memang ke Malaysia. Kalau Malaysia, karena kita negara serumpun, ada beberapa hal yang bisa ditoleransi dalam proses komunikasi, tandasnya. (nas)

Artikel Pelaku Wisata Kuliah di Luar Negeri pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli