Emak-emak Sudah Nggak Sabar, Kapan Giliran Anak 6 Tahun Ke Atas Divaksin

rm.id | Nasional | Published at 09/09/2021 08:00
Emak-emak Sudah Nggak Sabar, Kapan Giliran Anak 6 Tahun Ke Atas Divaksin

Beberapa negara sudah membolehkan vaksin Covid-19 untuk anak-anak usia 6 tahun ke atas. Di antaranya, China, Chile dan Uni Emirat Arab. Netizen berharap, Indonesia segera menargetkan vaksinasi untuk anak-anak usia 6 tahun ke atas.

Pandemictalks mengunggah meme anak kecil yang memegang bendera Chile sekaligus satu dosis vaksin Covid-19. Disebutkan, Chile setujui vaksin Sinovac untuk anak 6 tahun ke atas. Dia menanyakan, Indonesia kapan?

Regulator kesehatan Chile pada Senin (6/9) menyetujui vaksin Sinovac yang diproduksi China digunakan pada anak mulai usia 6 tahun, kata Pandemictalks .

Dalam panel evaluasi yang diadakan Institute of Public Health, lima ahli memilih memberikan suntikan kepada anak-anak di atas 6 tahun dan dua ahli memilih vaksin Covid anak hanya untuk usia di atas 12 tahun.

Dan satu lagi memilih tidak memberikannya (vaksin) untuk anak-anak, ujar Pandemictalks .

Netizen sudah tidak sabar menunggu anak-anak usia di bawah 12 tahun disuntik vaksin Covid-19. Sebab, anak-anak rentan tertular virus mematikan asal Wuhan, China itu. Terlebih, sekarang anak-anak sudah mulai sekolah tatap muka terbatas.

Semoga anak-anak bisa segara divaksin Covid-19. Salah satu anakku yang berumur 9 tahun sudah pernah kena Covid-19. Waswas jadinya, kata @ajenggnarendra .

Senada, @yayoek85 juga menunggu vaksin untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun. Biar emak-emak ayem kalau sekolah benar-benar sudah tatap muka, kata dia.

Semoga secepatnya, biar tenang melepas anak-anak mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM), sambung @aswiedaahmad .

Harapan serupa dilontarkan @cyme0808 . Dia bilang, program vaksin Covid untuk anak-anak usia 6 tahun ke atas dapat membantu imun orangtu. Setidaknya, orangtua tidak terlalu khawatir buah hati terpapar virus Corona.

Semoga segera diizinkan (vaksin). Anak-anakku punya asma, harapnya.

Akun @desiaqsa berharap, segera ada vaksin Covid-19 untuk balita dan 6 tahun ke atas. Dia mengkhawatirkan kedua anaknya yang balita dan usia 6 tahun ke atas terpapar virus Corona. Soalnya, (mereka) punya penyakit infeksi saluran pernapasan atas, katanya.

Akun @rahadianfajar menyambung. Dia juga masih menanti kebijakan vaksin Covid-19 untuk balita. Mereka stres juga tidak bisa keluar rumah, ujarnya.

Menurut @dhanisoenyoto , Indonesia sebetulnya tidak masalah dengan vaksin Covid-19 untuk anak-anak. Hanya saja, untuk saat ini jatah dan distribusinya belum seperti negara lain. Kita harus sabar dan berdoa, serta tetap disiplin prokes, katanya.

Akun @ridhanya_nadiah_althaf menyambung. Dia menduga, pemerintah sekarang lagi fokus dulu ke usia remaja. Setelah sukses dan vaksinasi remaja sesuai target, baru vaksin untuk anak-anak usia 6 tahun ke atas.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) masih meneliti vaksin Covid-19 untuk anak-anak, kata dia.

Uni Emirat Arab dari Juli 2021 sudah mulai vaksin umur 3 tahun ke atas, kata @fitrijaka . Di China sudah boleh vaksin Covid-19 untuk umur 3 tahun ke atas, sambung @dawsen_paskah .

Akun @mommychan2 mengatakan, sekarang kebutuhan vaksin untuk anak-anak masih dilengkapi. Seperti, vaksin influensa dan vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) yang memang disarankan diberikan ke anak-anak. [TIF]

Artikel Asli