UII Gelar Kuliah Perdana Maba Lintas Jenjang

radarjogja | Nasional | Published at 09/09/2021 07:43
UII Gelar Kuliah Perdana Maba Lintas Jenjang

RADAR JOGJA Ribuan mahasiswa baru (maba) Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan kuliah perdana 2021-2022. Selain itu penyerahan simbolik maba juga dilakukan perwakilan wali atau orangtua mahasiswa kepada pihak kampus.Kegiatan ini digelar secara virtual melalui streaming YouTube.

Rektor UII Prof Fathul Wahid dalam sambutannya mengatakan, maba patut bersyukur. Sebab, 70 persen orang di Indonesia tidak merasakan pendidikan hingga perguruan tinggi. Dalam suasana pandemi Covid-19 dan pelaksanan kuliah perdana yang masih digelar virtual dia berharap, tidak mengurangi semangat dan kebahagiaan maba. Ada 4.950 maba, terbagi di 8 fakultas, ungkap Fathul dalam sambutan virtualnya, kemarin (8/9).

UII, kampus pioner yang terbentuk 8 Juli 1945 ini dalam tahun ajaran kali ini juga telah menerima 50 mahasiswa internasional baru dari lintas jenjang. Program Diploma (D3) dan Sarjana (S1). Mahasiswa internasional baru tersebut dari 15 negara berbeda. Tidak hanya belajar ilmu pilihan tetapi agama. Mengasah pendidikan sosial sebagai bekal hidup, ucapnya.

Dikatakan, meski dalam kondisi pandemi Covid-19, UII tetap mengikuti mobilitas global baik secara fisik maupun virtual. Ada 24 mahasiswa UII yang mengikuti mobilitas global di universitas tersebar di 10 negara. Mulai dari Asia, Eropa, Amerika dan Kanada. Lalu, 40 siswa mengikuti gelar bersama mitra di lima lintas negara. Hampir 2 ribu mahasiswa UII telah mengikuti aktivitas bersama internasional. Baik mobilitas fisik maupun maya, sambungnya.

Dalam pelantikan itu dihadiri perwakilan orangtua mahasiswa, Riyanto. Riyanto menyatakan, siap melepas mahasiswa baru untuk berpacu wujudkan mimpi melalui perkuliahan di kampus ini. Resmi menjadi civitas di kampus ini, bebernya.

Terpisah Kepala Bidang Humas UII Ratna Permata Sari mengungkapkan, terkait perkuliahan semester ini, pihaknya hendak menyelenggarakan dengan metode daring luring terbatas. Untuk mata kuliah praktek dilakukan di laboratorium/lapangan. Pelaksanannya, dilakukan secara luring dengan prokes yang ketat. Untuk pembatasan atau presentasenya ini tergantung dengan kapasitas masing-masing ruangan, tandasnya. (mel/bah)

Artikel Asli