Southgate Mengaku Sempat Percaya Diri Rebut Kemenangan

republika | Nasional | Published at 09/09/2021 07:47
Southgate Mengaku Sempat Percaya Diri Rebut Kemenangan

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, mengaku sengaja tidak melakukan pergantian pemain di akhir laga saat menghadapi Polandia pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (9/9) dini hari WIB. Ia menyebut sempat percaya diri sebelum lawan mencetak gol penyeimbang.

Inggris sudah unggul ketika Harry Kane mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-72. Namun, tuan rumah Polandia menyamakan kedudukan di injury time lewat tandukan Damian Szymanski.

"Kami tampil baik dan mengendalikan pertandingan. Tapi di momen seperti ini, tidak mudah untuk memasukkan pemain pengganti dan kami mengira bisa mengendalikannya, sungguh," kata Southgate seperti dilansir BBC Sport , Kamis (9/9).

Hasil imbang membuat catatan sempurna skuad Tiga Singa menjadi terganggu. Meski demikian, kans Inggris untuk lolos ke Piala Dunia tahun depan masih besar dengan torehan 16 poin dari enam laga. "Kami benar-benar mengendalikannya, tidak ada masalah. Mengapa kami harus ragu jika semuanya terkendali?" ujar Southgate.

Meski demikian, Southgate menyatakan tetap berencana melakukan rotasi pemain jika ia merasa ada kebutuhan tertentu di dalam skuadnya. Ia berpendapat saat unggul 1-0, anak asuhnya bisa menambah angka atau setidaknya menahan keunggulan. "Kami ingin melakukan pergantian. Tapi saat mereka mencetak gol, saya pikir itu tidak dihitung karena waktu sudah habis," jelasnya.

Artikel Asli