Ancol dan TMII Mulai Dibuka untuk Masyarakat

koran-jakarta.com | Nasional | Published at 09/09/2021 07:05
Ancol dan TMII Mulai Dibuka untuk Masyarakat

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba pembukaan dua tempat wisata yakni Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bagi masyarakat setelah pemerintah kembali melonggarkan aturan PPKM level tiga di Ibu Kota.
"Buka untuk uji coba dulu di TMII dan Ancol," kata Kepala Seksi Pengawasan Hiburan dan Rekreasi Bidang Industri Pariwisata Disparekraf Iffan Radja di Jakarta, Rabu (8/9).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menerbitkan Keputusan Gubernur Nomor 1072 tahun 2021 tentang PPKM level tiga yang di dalamnya mengatur uji coba pembukaan tempat wisata tertentu.
Uji coba tempat wisata itu juga sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 tahun 2021 tentang PPKM level 4,3 dan 2 di Jawa dan Bali berlaku 7-13 September 2021.
Dalam Keputusan Gubernur DKI yang terbaru itu, tempat wisata wajib mengikuti protokol kesehatan yang diatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan. Kemudian, jam operasional hingga pukul 21.00 WIB dan wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.
Selain itu, anak dengan usia kurang dari 12 tahun masih dilarang untuk memasuki tempat wisata selama masih dalam masa uji coba itu.
Adapun daftar tempat wisara yang mengikuti uji coba itu ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Rencana uji coba pembukaan tempat wisata itu dilakukan setelah melalui pembahasan dalam rapat yang dipimpin langsung Gubernur Anies Baswedan pada Selasa (7/9).

Bioskop Belum
Pemprov DKI Jakarta berencana melakukan uji coba pembukaan tempat wisata setelah pemerintah pusat melonggarkan sejumlah aktivitas publik dan menurunkan PPKM menjadi level tiga di Ibu Kota.
"Sedang dibahas, nanti akan disampaikan dalam waktu dekat," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Selasa malam.
Kebijakan di daerah soal uji coba pembukaan tempat wisata sedang dimatangkan Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta dan instansi terkait lainnya.
Menurut dia, uji coba pembukaan tempat wisata itu dilakukan secara bertahap, setelah sebelumnya restoran/kafe atau tempat makan sudah diizinkan buka dan dapat menerima makan di tempat meski dengan pembatasan kapasitas.

Artikel Asli