Gantikan Saut M Tamba Hari Ini, Sorta Dilantik Jadi Ketua DPRD Samosir

rm.id | Nasional | Published at 09/09/2021 06:50
Gantikan Saut M Tamba Hari Ini, Sorta Dilantik Jadi Ketua DPRD Samosir

Politisi PDI Perjuangan, Sorta E Siahaan, akan dilantik sebagai Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) hari ini. Dia akan menggantikan Saut M Tamba, yang diberhentikan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan.

Sekretaris DPRD Samosir, Marsinta Sitanggang menyampaikan, pelantikan Sorta sebagai Ketua DPRD Samosir akan digelar pada pukul 10.00 WIB. Pelantikannya sesuai hasil rapat paripurna dewan pada Jumat (13/8).

Besok (hari ini) jam 10 akan dilakukan pelantikan Ibu Sorta E Siahaan sebagai Ketua DPRD Samosir, ujarnya, kemarin.

Marsinta menyebut, pasca dilantik, Sorta akan memanggul tanggung jawab Ketua DPRD Samosir hingga 2024.

Sementara Sorta E Siahaan mengaku, tidak melakukan persiapan khusus untuk pelantikannya. Dia akan hadir di gedung dewan sesuai tata tertib pelantikan dan mengedepankan protokol kesehatan.

Disinggung soal apa yang akan dilakukannya setelah dilantik, Sorta menyebut, akan menjalankan fungsinya sebagai Ketua DPRD secara politis dan lembaga. Kita bekerja sesuai fungsi dan kewenangan, tandasnya.

Diketahui, Saut adalah kader PDI Perjuangan yang dipecat DPP akibat kekalahan Pasangan Calon (Paslon) Rapidin Simbolon-Juang Sinaga di Pilkada 2020. Pasangan ini diusung PDIP pada Pilkada Samosir.

Akibat pemecatan itu, DPRD Kabupaten Samosir menggelar rapat paripurna dengan agenda pengumuman pemberhentian dan pergantian pimpinan dewan dari Fraksi PDI Perjuangan, Jumat (13/8) di Gedung DPRD Samosir.

Rapat paripurna itu dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD, Samosir Pantas Marroha Sinaga bersama Nasib Simbolon dan dihadiri 16 Anggota DPRD lainnya dari 25 Anggota DPRD Samosir.

Dalam paripurna itu, jabatan Ketua DPRD Samosir Periode 2019-2024, yang sebelumnya diemban Saut M Tamba, diberhentikan dan digantikan oleh Ketua DPC PDIP Samosir, Sorta E Siahaan.

Deputi Bidang Hukum Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat DPP PDIP, Arteria Dahlan sempat mengecam DPRD Kabupaten Samosir karena sempat mengulur ulur waktu paripurna pemecatan Saut.

Dia menegaskan, penugasan, pemecatan, mutasi dan demosi (penurunan jabatan) kader partai adalah kedaulatan partai politik. Termasuk penugasan Ketua DPRD Samosir, ketua fraksi dan anggota fraksi. Jadi Saut Martua Tamba dan kawan kawan yang lima orang lagi, mundurlah sebelum banyak implikasi hukum yang akan Anda hadapi, jelasnya. [SSL]

Artikel Asli