10 Fakta Kebakaran Lapas Tangerang yang Menyebabkan 41 Napi Meninggal

okezone | Nasional | Published at 09/09/2021 06:25
10 Fakta Kebakaran Lapas Tangerang yang Menyebabkan 41 Napi Meninggal

JAKARTA - Kebakaran melanda Lapas Tangerang yang terletak di Jalan Veteran, Babakan, Kota Tangerang pada Rabu 8 September 2021 dini hari. Kejadian tersebut menelan banyak korban jiwa.

Berikut fakta-fakta kebakaran Lapas Tangerang:

1. Diduga Akibat Korsleting Listrik

Kebakaran tersebut diduga akibat korsleting listrik. Menurut Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, petugas masih mengidentifikasi lebih lanjut apa penyebab utama adanya kebakaran tersebut.

"Tadi saya sudah lihat di TKP, berdasarkan pengamatan awal patut diduga karena terjadi hubungan pendek arus listrik nanti akan didalami lagi," ujarnya.

2. Api Bersumber dari Blok C

Menurut Kapolrestro Tangerang, Kombes Pol Deonijiu De Fatima api mulai terlihat sekira jam 01.45 WIB dini hari. Api diduga berasal dari Blok C.

"Api berhasil dipadamkan pukul 3 pagi. Api berkobar dari jam 01.45 WIB. Kemungkinan besar kebakaran ini berlangsung selama dua jam lebih," kata Deonijiu.

3. Dihuni Napi Narkoba dan Pembunuhan

Menkumham Yasonna Laoly mendapat informasi bahwa korban yang tewas akibat kebakaran yakni warga binaan kasus terorisme, pembunuhan, dan narkoba. Sayangnya, ia tak merinci korban tersebut. Blok C2 diketahui memang dihuni napi narkoba dan pembunuhan.

"Data yang saya peroleh menyebutkan ada 41 orang yang meninggal akibat kebakaran ini. Salah satu korban meninggal adalah warga binaan kasus terorisme, satu tindak pidana pembunuhan, sementara lainnya narkoba," ungkapnya.

Lapas Kelas I Tangerang saat ini dihuni oleh 2.072 orang. Sedang Blok C yang terbakar dihuni oleh 122 orang.

4. Sebanyak 41 Narapidana Meninggal

Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang dini hari menyebabkan 41 orang narapidana meninggal dunia dan dibawa ke RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Beberapa orang lainnya mengalami luka-luka, dan mereka masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Artikel Asli