Masalah Baru di Singapura, Kasus Covid-19 Menular di Madrasah

jawapos | Nasional | Published at 09/09/2021 06:37
Masalah Baru di Singapura, Kasus Covid-19 Menular di Madrasah

JawaPos.com Selain di tempat publik dan asrama, ternyata Covid-19 juga menular di sekolah madrasah di Singapura. Sedikitnya delapan siswa tertular Covid-19 di Madrasah Irsyad Zuhri Al-Islamiah di Braddell Road. Semua kasus melibatkan siswa dari kelas 4 SD yang sama.

Klaster itu dilaporkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Selasa (7/9). Dua kasus pertama terdeteksi Jumat pekan lalu dan murid terakhir di sekolah pada 1 September. Mereka tak mengalami gejala.

Guru dan teman sekelas dari murid yang terkena dampak ditempatkan di bawah perintah karantina. Sejak itu, enam siswa lain dari kelas tersebut dinyatakan positif, sehingga jumlah klaster menjadi delapan siswa.

Semua siswa SD di sekolah tersebut telah diberikan izin tak masuk. Semua aktivitas fisik di sekolah telah dihentikan, termasuk kelas tambahan untuk siswa SD kelas 6. Kini kembali dilakukan secara daring.

Siswa SD kelas 1 hingga kelas 5 juga akan mendapatkan pembelajaran berbasis rumah (HBL) saat semester baru dimulai pada 13 September. Siswa SD kelas 6 akan diizinkan kembali ke sekolah setelah liburan untuk mempersiapkan Ujian Nasional.

Ruang kelas akan didesinfeksi secara menyeluruh untuk memfasilitasi kepulangan siswa. Pihak sekolah juga menyatakan siap mengadakan sekolah daring di rumah untuk siswa SD kelas 6 jika memang diperlukan.

Pihak Madrasah Irsyad Zuhri Al-Islamiah mengatakan, pembersihan dan disinfeksi yang ketat sudah dilakukan di sekolah tersebut. Jarak aman dan langkah-langkah manajemen yang aman juga sepenuhnya mematuhi pedoman yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan Singapura.

Artikel Asli