TNI AL Terima Bantuan 1.440 Tabung Oksigen

republika | Nasional | Published at 09/09/2021 06:20
TNI AL Terima Bantuan 1.440 Tabung Oksigen

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- TNI Angkatan Laut (AL) menerima donasi tabungan oksigen dan generator oksigen dari Yayasan Mandana Metta Caritas (YMMC) untuk digunakan dalam penanganan Covid-19. Bantuan yang diberikan tersebut sebanyak dua set generator oksigen dan 1.440 tabung oksigen dengan kapasitas 40 liter.

"Bantuan ini tentunya bisa menambah support kepada kita Angkatan Laut yang selama ini telah mendistribusikan atau mendukung kelangkaan oksigen yang terjadi di daerah-daerah," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Lapangan Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (8/9).

Yudo menjelaskan, untuk sementara waktu, seluruh bantuan tersebut akan disimpan terlebih dahulu di rumah sakit milik TNI AL. Sebab, jelas dia, saat ini kebutuhan tabung oksigen sedang menurun seiring dengan kondisi kasus Covid-19 yang melandai.

Meski demikian, Yudo menuturkan, pihaknya tetap menyiagakan generator oksigen dan tabung oksigen ini untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan tabung oksigen seperti beberapa waktu lalu. Ia menyebut, bantuan tersebut akan diprioritaskan bagi daerah-daerah terpencil di berbagai pulau terluar maupun masyarakat di wilayah pesisir Indonesia.

"Ini adalah oksigen mobile, sehingga nanti bisa kita taruh di kapal. Sewaktu-waktu bisa kita geser untuk bantuan di wilayah-wilayah yang terluar," tutur dia.

"Ini bisa tidak hanya terbatas 2 kapal rumah sakit kita, namun nanti akan kita tempatkan di kapal yang lain, sehingga apabila dibutuhkan di manapun, kita sudah siap," sambungnya.

Dia menambahkan, saat ini, TNI AL memiliki dua kapal rumah sakit yang juga mampu memproduksi oksigen. Salah satunya adalah KRI Soeharso yang dikirim ke Papua untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan program vaksinasi Covid-19.

Artikel Asli