11 Amalan Penghapus Dosa Setelah Komitmen Bertaubat

republika | Nasional | Published at 09/09/2021 05:59
11 Amalan Penghapus Dosa Setelah Komitmen Bertaubat

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap manusia pasti pernah mengalami kesalahan. Namun sebaik-baik orang yang melakukan kesalahan adalah mereka yang memperbaiki keselahan dan berkomitmen bertaubat.

Allah SWT sangat mencintai hamba-Nya yang bertaubat. Sebagaimana dalam Surat An Nur ayat 31,

... Dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.Dalam bertaubat ada 11 amalan yang dapat menghapus dosa, di antaranya,

Pertama, sholat tepat waktu. Hadits yang diriwayatkan Aisyah,

- - : : : : : : :

Aisyah RA, berkata, Aku bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang amalan apakah yang paling disukai oleh Allah? Beliau menjawab, Sholat pada waktunya. Kemudian apa? Beliau menjawab, Berbuat baik kepada kedua orangtua. Kemudian apa? Beliau menjawab, Jihad fi sabilillah.

Kedua, memohon ampunan, sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Nuh ayat 10.

..Maka aku berkata (kepada mereka), "Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Mahapengampun.

Ketiga , sedekah, karena sedekah itu memadamkan murka Allah dan menghapus dosa, dan sedekah memiliki keutamaan antara lain pelindung dari api pada Hari Kiamat, mendapat naungan pada Hari Kebangkitan, sebagaimana dia adanya.

Salah satu dari tujuh orang yang dinaungi Allah pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, dan sedekah adalah obat penyakit fisik, dan obat penyakit jantung, para malaikat pemberi sedekah berdoa kepadanya setiap hari.

Keempat , puasa adalah penghapus dosa, dan hanya Allah yang mengetahui pahalanya.

Kelima , toleransi dan ampunan termasuk penghapus dosa dan bukti takwa. Keenam, berhaji dapat menghapus dosa dan haji itu pahalanya seperti kembali darinya saat ibunya melahirkannya.

Ketujuh, membantu orang yang lemah akan memiliki pahala yang besar di sisi Allah. Kedelapan, memenuhi amanah, kebenaran ucapan, dan pergaulan yang baik, yang dicintai Allah.

Kesembilan berdzikir, dengan tasbih, tahmid, dan tahlil. Kesepuluh , selalu berperilaku baik. Karena hamba yang paling dicintai Allah adalah yang paling baik akhlaknya. Kesebelas , menyayangi saudaranya dengan tulus.

Artikel Asli