Loading...
Loading…
Dilatih Servis AC, Pemuda Kecamatan Jombang Diajak Ciptakan Lapangan Kerja

Dilatih Servis AC, Pemuda Kecamatan Jombang Diajak Ciptakan Lapangan Kerja

Nasional | bantennews.co.id | Rabu, 08 September 2021 - 16:03

CILEGON Puluhan pemuda se-Kecamatan Jombang, Kota Cilegon dilatih servis perangkat pendingin ruangan (air conditioner/AC). Peningkatan kapasitas dan kualitas tenaga kerja tersebut dihelat di Aula Kelurahan Jombang Wetan, Rabu (8/9/2021).

Dalam sambutannya, Camat Jombang AH Junaedi yang membuka kegiatan tersebut mengajak peserta untuk mengubah cara berpikir dalam mendapatkan pekerjaan.

Pelatihan AC ini adalah kesempatan emas bagi pemuda untuk mengembangkan diri dan menciptakan lapangan kerja, bukan lagi mencari lapangan kerja. Karena menciptakan lapangan kerja itu nyatanya lebih mudah dibandingkan kita mencari kerja, mencari lowongan yang belum tentu persyaratannya dapat dipenuhi, ujarnya.

Tingginya angka pencari kerja di daerah, ditambah angka lulusan sekolah setiap tahun menurutnya perlu menjadi pertimbangan bagi peserta untuk serius dan menekuni pelatihan yang akan dihelat selama 15 hari tersebut.

Maka dari itulah saya berpesan agar peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan hingga selesai secara serius. Ciptakan lapangan kerja tanpa harus berharap akan mendapatkan penempatan. Karena peluang usaha ini besar, mengingat lebih dari 50 persen penduduk kita saat ini sudah menggunakan AC. Belum lagi ditambah industri dan perhotelan. Makanya jangan sampai pelatihan ini disia-siakan, jelasnya.

Baca Juga :
Sebelum Digilir di Persawahan, Siswi SMA Ini Dicekoki Miras

Sementara Lurah Jombang Wetan, Hasanuddin menuturkan bahwa pelatihan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Cilegon.

Selama pelatihan, peserta akan mendapatkan transport, makan dan minum serta sertifikasi melalui bimbingan pelatih dari BLK Disnaker, katanya didampingi sejumlah Lurah lainnya se-Kecamatan Jombang yang turut hadir.

Dijelaskan, peningkatan kapasitas dan kualitas SDM itu merupakan agenda rutin yang sudah dilakukan setiap tahunnya. Kalau tahun lalu itu kan pelatihan pengelasan (welding), sementara tahun ini barulah pelatihan servis AC, tandasnya.

( dev/red )

Original Source

Topik Menarik