Loading...
Loading…
Lampung Target Masuk 10 Besar Pada PON XX di Papua

Lampung Target Masuk 10 Besar Pada PON XX di Papua

Nasional | lampung.rilis.id | Rabu, 08 September 2021 - 11:00

Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX 2021 di Papua sebentar lagi akan digelar. Rencananya pada 2-15 Oktober.

Ajang olah raga tertinggi di Indonesia itu akan diikuti sedikitnya 34 provinsi se-Indonesia. Dengan 37 jumlah cabang olahraga dan atlet sebanyak 6.442 orang.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung Prof. M. Yusuf Sulfarano Barusman mengatakan, segala suatu persiapan menjelang PON XX sudah dilakukan.

Kita tinggal berangkat, mohon doanya kepada masyarakat Lampung, ujarnya kepada Rilisid Lampung melalui sambungan telepon, Selasa (6/9/2021).

Yusuf menjelaskan, Lampung akan ikut serta dalam 32 cabang dari total 37 cabang olahraga yang akan bersaing di empat tempat. Yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Kabupaten Mimika.

Untuk target, kita berusaha lebih baik dari sebelumnya. Minimal 10 besar! ucapnya.

Rektor Universitas Bandar Lampung ini juga menjelaskan, total keseluruhan yang akan berangkat adalah 325 kontingen dengan rincian 138 atlet, pelatih, offisial, tim pendukung dan TNI/Polri sebanyak 25 orang.

Kita berangkat secara bergulir sesuai jadwal pertandingan. Di 4 lokasi kita ada kontingen di sana beserta tim pendukung untuk memberikan support kepada atlet, paparnya.

Baca Juga :
Pemprov Banten Siapkan Rp 12 Miliar untuk Bonus Atlet PON

Perihal cabor unggulan, Yusuf mengaku belum bisa menjabarkan, karena semua cabang memiliki strategi masing-masing.

Dirinya berharap, semua atlet bisa dapat berprestasi. Namun, karena ini sudah dua tahun pandemi, dan tidak ada kejuaraan nasional, sehingga sangat sedikit informasi terkecuali atlet yang mengikut pelatihan nasional (pelatnas).

Kita ada beberapa atlet yang mengikuti pelatnas. Jadi tidak bisa diduga-duga. Bisa saja yang dilihat tidak berpotensi, justru mendapatkan medali. Tapi Alhamdulillah, pelatih, atlet, dan manager memiliki persiapan yang luar biasa, ungkapnya.

Begitu juga dengan saingan, setiap cabang olah raga memiliki saingan terberatnya masing-masing, lanjut dia.

Perihal bonus, Yusuf memastikan bakal disiapkan bagi atlet yang berprestasi dan mendapatkan mendali.

Insy Allah dari gubernur. Hanya saja, besarannya kita belum tahu. Dari KONI juga tentu ada, tapi bukan yang utama, terangnya.

Yusuf menambahkan, pihaknya sangat konsen dengan kesehatan para atlet, mengingat saat ini sedang pandemi. Bahkan, untuk itu, pihaknya telah melakukan rapat beberapa kali mengenai kesehatan para atlet, sehingga jangan sampai ada atlet yang terpapar Covid-19.

Baca Juga :
Satgas Prokes Pastikan PON XX Aman dari Lonjakan Covid-19

Kemarin sudah panggil pelatih dan manajer untuk mengingatkan kembali soal kesehatan atlet. Kita juga memberikan pemahaman tentang dilarang kerasnya penggunaan doping oleh atlet kita, pungkasnya.(*)

Original Source

Topik Menarik