Loading...
Loading…
Asesmen Nasional untuk Sekolah di Daerah PPKM Level 4 Ditiadakan

Asesmen Nasional untuk Sekolah di Daerah PPKM Level 4 Ditiadakan

Nasional | inewsid | Rabu, 08 September 2021 - 07:30

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan mulai melakukan Asesmen Nasional (AN) pada akhir September 2021. Asesmen Nasional adalah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Namun menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, satuan pendidikan di daerah dengan PPKM level 4 tidak ada asesmen nasional.

Berikutnya secara khusus bagi daerah level 4 (Jawa Bali) sudah tidak diterapkannya asesmen nasional bagi satuan pendidikan, katanya dikutip dari kanal Youtube BNPB, Rabu (8/9/2021).

Termasuk di daerah PPKM level 4 di luar Jawa dan Bali juga tidak diterapkan asesmen nasional.

Instruksi mendagri No.40/2021 tentang PPKM Level 4 di wilayah non Jawa Bali dengan inti perubahan yaitu kegiatan asesmen nasional di sektor pendidikan sudah tidak dilakukan, tuturnya.

Dikutip dari akun Instagram resmi milik Kemendikbudristek @kemendikbu.ri, AN akan dimulai pada tanggal 20-23 September 2021 untuk siswa SMK, MAK, Paket C, dan yang sederajat. Kemudian pada tanggal 27-30 September 2021 untuk Siswa SMA, MA, dan yang sederajat.

Baca Juga :
Satgas Covid-19 Ingatkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Hanya untuk PPKM Level 1-3

Sementara itu tanggal 4-7 Oktober 2021 untuk siswa SMP, MTs, Paket B, dan yang sederajat. Lalu tanggal 8-11 November 2021 untuk siswa SD, MI, Paket A, dan yang sederajat Gelombang I. Selanjutnya tanggal 15-18 November 2021 untuk siswa SD, MI, Paket A, dan yang sederajat Gelombang II.

Kemudian asesmen untuk pendidik dan kepala sekolah pelaksanaannya sesuai jadwal pelaksanaan AN peserta didiknya.

Original Source

Topik Menarik