Loading...
Loading…
Taliban Klaim Kuasai Lembah Panjshir

Taliban Klaim Kuasai Lembah Panjshir

Nasional | republika | Selasa, 07 September 2021 - 11:22

REPUBLIKA.CO.ID,Taliban telah mengklaim kemenangan atas pasukan oposisi di provinsi terakhir Panjshir. Mereka menyatakan sudah menyelesaikan pengambilalihan wilayah perbukitan tersebut yang menjadi sarang Muhajidin kala melawan Uni Soviet di masa lalu.

Kini Taliban menguasai Panjshir selang mereka kuasai Afghanistan tiga minggu lalu atau usai merebut Kabul. "Dengan kemenangan ini, negara kami benar-benar keluar dari rawa perang," kata kepala juru bicara Zabihullah Mujahid, Senin (6/9) seperti dilansir Al Jazeera.com.

Namun, keberadaan pemimpin perlawanan dari Panjshir yakni Ahmed Massoud dan Amrullah Saleh, mantan wakil presiden yang bergabung dengan perlawanan setelah jatuhnya Kabul, tidak segera diketahui. Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berada di Qatar untuk membahas kekacauan akibat penarikan AS dari Afghanistan.

Gambar-gambar di media sosial menunjukkan anggota Taliban berdiri di depan gerbang kompleks gubernur provinsi Panjshir. Sementara itu, juru bicara Front Perlawanan Nasional (NRF) mengatakan klaim kemenangan Taliban adalah palsu dan pasukan oposisi terus berjuang, menambahkan bahwa pasukannya hadir dalam "posisi strategis" di lembah Panjshir.

Keberadaan pemimpin perlawanan Ahmed Massoud dan Amrullah Saleh, mantan wakil presiden yang bergabung dengan pasukan perlawanan setelah jatuhnya Kabul, tidak segera diketahui. Massoud mengatakan dalam pesan Twitter bahwa dia aman. Saleh telah mendeklarasikan dirinya se bagai penjabat presiden setelah Presiden Ashraf Ghani meninggalkan negara itu setelah pengambilalihan Taliban pada 15 Agustus.

Original Source

Topik Menarik