Loading...
Loading…
Soal Kabar Harun Masiku Berada di Indonesia, KPK : Segera Lapor Bukan Justru Meniupkan Isu

Soal Kabar Harun Masiku Berada di Indonesia, KPK : Segera Lapor Bukan Justru Meniupkan Isu

Nasional | inewsid | Senin, 06 September 2021 - 13:09

JAKARTA, iNews.id - Masyarakat yang mengetahui keberadaan buron Harun Masiku diminta segera melaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Laporan tersebut dipastikan akan ditindaklanjuti.

Pernyataan itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri terkait kabar yang beredar Harun Masiku berada di Indonesia. Kabar tersebut muncul dari penyidik KPK Ronald Sinya yang pernah menangani pencarian Harun Masiku sebelum dinonaktifkan.

"Kami minta kepada pihak manapun yang betul-betul tahu keberadaannya saat ini untuk segera lapor kepada KPK maupun aparat penegak hukum lain, supaya segera ditindaklanjuti," uujar Ali Fikri di Jakarta, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, KPK masih melacak persembunyian Harun Masiku. Termasuk, kata dia meminta bantuan ke berbagai institusi di dalam maupun luar negeri.

Selain itu dia juga mengimbau kepada siapapun, termasuk Ronald Sinya jika benar mengetahui keberadaan Harun Masiku agar melaporkan kepada KPK, bukan justru menghembuskan isu ke publik sehingga berpotensi menimbulkan polemik.

"Bukan justru meniupkan isu yang berpotensi jadi polemik dan kontra produktif dalam upaya penangkapan DPO dimaksud," katanya.

Diketahui, Harun Masiku merupakan mantan Caleg dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dia telah ditetapkan tersangka kasus dugaan suap pemulusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR.

Harun ditetapkan tersangka bersama tiga orang lainnya, yakni mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan, mantan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina serta pihak swasta Saeful.

Harun lolos dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK kemudian ditetapkan sebagai buron pada Januari 2020. Harun juga telah dicegah untuk bepergian ke luar negeri.

Original Source

Topik Menarik